Kanada Dukung Ukraina, Senjata Anti-tank dan Amunisi Dikirimkan
PM Kanada Justin Trudeau bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. (Wikimedia Commons/President.gov.ua)

Bagikan:

ACEH - Kanada mendukung Ukraina dalam perang yang terjadi antara Ukraina dan Rusia. Terkait hal tersebut Kanada akan memasok senjata anti-tank dan amunisi yang ditingkatkan ke Ukraina dan melarang impir minyak mentah dari Rusia. Hal tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Justin Trudeau.

"Kanada akan terus memberikan dukungan untuk pertahanan heroik Ukraina terhadap militer Rusia," ungkap Trudeau kepada wartawan di Ottawa, dikutip VOI dari Reuters, 1 Maret.

"Kami mengumumkan niat kami untuk melarang semua impor minyak mentah dari Rusia, sebuah industri yang telah sangat menguntungkan Presiden Putin dan oligarkinya," lanjut Trudeau.

Dukungan Kanada kepada Ukraina

Dalam beberapa waktu terakhir Kanada telah mengirimkan senjata dan dukungan non-mematikan ke Ukraina. Kanada juga telah mendukung beberapa sanksi, termasuk penghapusan Rusia dari sistem Swift untuk pembayaran bank internasional.

"Kami menyediakan bantuan yang lebih mematikan ke Ukraina, dan kami akan mengirimkan 100 sistem senjata anti-tank Carl Gustaf dan 2.000 roket, yang akan bekerja secepat mungkin," ungkap Menteri Pertahanan Anita Anita.

Terpisah, Kanada mengimpor produk energi Rusia seharga 289 juta dolar Kanada atau sekitar 228 juta dolar AS, menurut Statistik Kanada.

Kanada merupakan produsen minyak terbesar keempat di dunia, tetapi sebagian besar berasal dari Alberta, timur jauh Kanada dari kilang yang dimiliki oleh Irving oil, Suncor Energy, Valero Energy Corp dan Cresta Fund Management.

David Schick, wakil presiden dengan asosiasi bahan bakar Kanada, mengatakan bahwa Refiner timur mengimpor minyak di pasar spot saat diperlukan, serta bahan bakar untuk memenuhi permintaan selama pemeliharaan shutdown, ujar.

Sanksi terhadap Rusia Terkait Minyak

Larangan minyak Rusia hanya berlaku untuk minyak mentah saat ini, tetapi pemerintah sedang melihat produk derivatif minyak selanjutnya, kata sumber pemerintah.

Pada tahun 2021, pengiriman termasuk Naphtha dan Diesel ke Kilang Quebec Valero dan pengiriman diesel dan bensin ke kilang di Newfoundland & Labrador, yang sekarang dimiliki oleh Cresta Fund Management, kata Jim Mitchell, kepala analis minyak Amerika di Refinitiv.

Irving tidak mengimpor minyak Rusia, kata seorang juru bicara. Seorang juru bicara SUNCOR mengatakan perusahaan tidak memproses minyak mentah Rusia di salah satu kilang. Valero dan Cresta tidak segera merespons.

Selain itu, Kanada juga memainkan peran dalam membatasi bank sentral Rusia agar tidak dapat mengakses cadangan asingnya.

PM Trudeau mengatakan pemerintahannya telah meminta radio, televisi dan telekomunikasi independen, untuk menjatuhkan penyiar miliki negara Rusia, RT, dengan mengatakan, "Adalah penting bahwa orang Kanada dan orang-orang di seluruh dunia dihadapkan dengan informasi yang akurat." Operator kabel Kanada mengatakan pada Hari Minggu mereka akan secara sukarela menjatuhkan RT.