Kecam Aksi Diskriminatif SARA Muslim di India, PPP Minta Pemerintah Indonesia Bergerak
Anggota DPR RI Komisi X Fraksi PPP, Illiza Sa'aduddin Djamal/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - Anggota DPR RI Komisi X Fraksi PPP, Illiza Sa'aduddin Djamal, meminta pemerintah Indonesia melakukan komunikasi dengan pemerintah India terkait upaya penghentian tindakan diskriminatif berlatar SARA yang dialami umat muslim di India.

Ia menyebut, PPP mendukung aksi seorang pelajar bernama Muskaan Khan yang teguh mempertahankan hak dan pendidikannya di tengah perlakuan diskriminatif terkait SARA terhadap muslim India.

“Buat kami, Muskaan Khan adalah wajah perlawanan yang menolak tindakan rasisme terhadap dirinya dan umat Islam lainnya di tengah larangan menggunakan hijab. Dan ini perlu kita dukung,” ungkap Illiza, Selasa, 15 Februari, dikutip VOI dari Antara.

Perilaku Diskriminatif terhadap Muslim di India Jadi Sorotan Dunia

Dia mengutuk keras tindakan diskriminatif tersebut. Oleh sebab itu, dia meminta pemerintah India memberikan perhatian serius terhadap kejadian itu karena telah menjadi perhatian dunia internasional. Menurutnya, persoalan tindakan diskriminatif terhadap umat Islam di India itu bukan yang pertama terjadi, tetapi sudah sering terjadi.

“Tindakan diskriminasi terhadap umat Islam tidak hanya terjadi dalam dunia pendidikan tetapi juga di berbagai bidang termasuk pekerjaan dan kesehatan," ujarnya.

Mantan Wali Kota Banda Aceh itu menilai aksi diskriminatif atas nama agama sama sekali tidak masuk akal dan tidak dibenarkan.

“Umat muslim, khususnya pelajar muslim di India berhak mendapatkan haknya dan mempertahankan keyakinan mereka,” katanya

Perlawanan Aksi Diskriminatif

Seperti diketahui aksi seorang pelajar dari India, Muskaan Khan, yang melakukan perlawanan terhadap kebijakan sekolahnya yang melarang penggunaan hijab di sekolah menjadi perhatian masyarakat seluruh penjuru dunia.

Persoalan itu bermula ketika sebuah kampus pra-universitas atau setara dengan sekolah menegah atas (SMA) di Distrik Udupi, Karnataka, tidak memperbolehkan siswa mengenakan jilbab di dalam kelas.

Artikel ini telah tayang dengan judul Indonesia Diminta Berperan Hentikan Rasisme Muslim India.

Selain kasus SARA muslim di India, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.