Harapan Ma'ruf Amin terhadap HIPMI Syariah terkait Ekonomi Syariah
Pertemuan Wapres Ma'ruf Amin dengan Hipmi Syariah. ( Dok. Hipmi)

Bagikan:

ACEH - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berikan dukungan terhadap hadirnya Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Syariah. Hal tersebut terkait upaya mengembangkan bisnis dan ekonomi syariah di Indonesia. Ma'ruf Amin menyampaikan hal tersebut saat bertemu dengan perwakilan HIPMI Syariah pada Minggu, 13 Februari.

Dia kemudian menjelaskan alasannya begitu serius mengembangkan ekonomi syariah di Tanah Air. Prinsip ekonomi dan keuangan syariah sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan, bisa berkontribusi bagi dunia dalam rangka mencari solusi berbagai persoalan yang dialami oleh negara-negara saat ini.

"Dengan kelahiran HIPMI Syariah ini saya harap dapat mencetak pengusaha-pengusaha muda yang mengamalkan kaidah ekonomi dan bisnis syariah. Saya juga memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan HIPMI Syariah Conference and Roadshow," terang Ma’ruf dalam keterangan yang dirilis Hipmi, Senin, 14 Februari, dikutip VOI.

Kebangkitan Ekonomi Pascapandemi Melalui Ekonomi Syariah

Dia juga mengatakan bahwa inisiasi HIPMI Syariah merupakan bukti nyata kontribusi HIPMI dalam mensyi’arkan ekonomi dan keuangan Syariah.

"Gerakan ini tentu saya akan sambut secara positif, apalagi akan dilaksanakan juga di kota-kota besar di Indonesia. Saya pun dengan senang hati meresmikan acara ini di Istana Wakil Presiden, serta membersamai HIPMI Syariah untuk roadshow mengenalkan ekonomi dan keuangan syariah kepada masyarakat," terang Wakil Presiden.

Menurut Ketum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Mardani H. Maming, keseriusan HIPMI turut membangkitan ekonomi pascapandemi COVID-19 dari daerah, salah satu caranya melalui ekonomi syariah.

“Masa pandemi ini tak mengurangi semangat jajaran HIPMI dalam turut berkontribusi bagi pembangunan ekonomi daerah dan nasional pada umumnya. Saya melihat bagaimana kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif, multiplier effect-nya sudah sangat besar bagi perekonomian daerah. Kader HIPMI akan selalu menjadi pengusaha yang solutif, bukan jadi masalah. Semangat tersebut saya yakin selaras dengan semangat ekonomi syariah yang ingin memberikan kebermanfaatan bagi seluruh yang terlibat didalamnya," terang mantan Bupati Tanah Bumbu itu.

Inisiasi HIPMI Syariah

Ketua Bidang Keuangan BPP HIPMI, Anggawira, menjelaskan bahwa inisiasi HIPMI Syariah ini akan bersifat jangka panjang. HIPMI Syariah Conference yang hadir dari bidang Keuangan dan Perbankan HIPMI kedepannya akan menjadi gerakan yang berkelanjutan untuk membumikan ekonomi syariah.

"Saya bersyukur niat baik ini kini sudah didukung berbagai pihak mulai dari pemerintahan, BUMN, hingga swasta. Dan semoga dengan adanya HIPMI Syariah bisa menjadi jembatan untuk bangkit bersama untuk memulihkan ekonomi Indonesia," ujar Anggawira yang juga ketua umum ASPEBINDO tersebut.

Sementara Ketua HIPMI Syariah Conference, Ibnu Riyanto menjelaskan rangkaian kegiatan HIPMI Syariah. HIPMI Syariah Conference yang akan dibuka pada 28 Maret 2022 di Istana Wapres adalah awal dari rangkaian kegiatan selama tahun 2022.

"HIPMI Syariah juga akan melaksanakan Roadshow menuju kota-kota besar di Indonesia untuk menyampaikan syi’ar ekonomi syariah khususnya kepada pengusaha muda se-Indonesia. Semoga rangkaian acara ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan dampak untuk perekonomian Indonesia," ujar Ibnu Riyanto yang juga Founder Trusmi Group tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bertemu Hipmi Syariah, Wapres Ma'ruf Amin: Semoga Bisa Cetak Pengusaha Muda yang mengamalkan Ekonomi dan Bisnis Syariah.

Selain ekonomi syariah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.