Ma'ruf Amin Sebut Ekonomi Syariah Harus Mampu Adaptasi terhadap Perubahan Zaman
Wakil Presiden Ma’ruf Amin (Foto: Tangkap layar Youtube ISEF Indonesia)

Bagikan:

ACEH -  Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin, menjelaskan bahwa tantangan revolusi teknologi 4.0, society 5.0, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGS) mengharuskan ekonomi syariah melakukan adaptasi dengan dinamika yang terjadi seiring dengan perkembangan zaman yang begitu cepat.

Hal tersebut, lanjutnya, sangat strategis mengingat ekonomi syariah sudah menjadi bagian integral dari pembangunan di Indonesia.

“Salah satu faktor utama yang sangat menentukan upaya memperkuat sistem ekonomi, keuangan, dan bisnis syariah tersebut adalah sumber daya manusia (SDM),” ujarnya saat berpidato secara virtual dalam pembukaan The 1st Islamic Economics Education Summit (IEES), Kamis, 28 Oktober.

Strategi SDM Ekonomi Syariah di Indonesia

Ma’ruf Amin menjelaskan, grand strategy SDM ekonomi syariah di Tanah Air dilakukan melalui sinergi dan aliansi strategis antarstakeholder institusi pendidikan ekonomi dan keuangan berbasis islami.

Ini diwujudkan dalam pemaparan naskah akademik harmonisasi nomenklatur dan kurikulum program studi ekonomi, keuangan, dan bisnis syariah dan pengembangan kurikulum ekonomi dan keuangan syariah berbasis kompetensi dengan pendekatan link and match.

“Pemerintah sedang menyiapkan roadmap pembangunan SDM unggul di sektor ekonomi,” tegasnya.

Dikatakan bahwa dalam peta jalan tersebut mencakup penyederhanaan nomenklatur program studi strata satu (S-1) rumpun ekonomi dan keuangan syariah, harmonisasi kurikulum ekonomi syariah di semua jenjang pendidikan sejak tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Serta yang terakhir adalah penyusunan skema sertifikasi guna mendukung kebutuhan SDM sektor ekonomi dan keuangan syariah.

“Prinsip-prinsip syariah yang menjunjung tinggi nilai keadilan bagi alam semesta diharapkan dapat menopang pembangunan ekonomi Indonesia yang berkeadilan dan merata,” tutup Wapres Ma’ruf Amin.

Artikel ini telah tayang dengan judul Wapres Ma’ruf Amin Dorong Ekonomi Syariah Adaptif Hadapi Perubahan: Penguatan SDM Penting Dilakukan.

Selain ekonomi syariah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!