Jumlah Penghulu di Indonesia Jauh dari Kondisi Ideal Berdasarkan Total Pernikahan per Tahun
Foto via Kemenag

Bagikan:

ACEH - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, mengusulkan adanya penambahan jumlah formasi penghulu. Yaqut Cholil menyampaikan hal tersebut mengingat jumlah penghulu yang ada saat ini belum ideal untuk melayani pernikahan yang mencapai dua juta peristiwa per tahun.

Wacana penambahan formasi penghulu disampaikan oleh Menteri Agama dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Gedung Parlemen, Jakarta.

"Jumlah penghulu di Indonesia saat ini adalah 8.978 orang, jumlah ini masih setengah dari kondisi ideal untuk melayani pernikahan dua juta peristiwa setiap tahunnya, yang tersebar di 5.901 KUA seluruh Indonesia," terang Yaqut, Senin 24 Januari, dikutip VOI dari kementerian.

Sebagian Penghulu di Indonesia Akan Purna Tugas

Menteri Agama juga mengatakan bahwa setengah dari total penghulu yang ada saat ini akan memasuki masa purna tugas sebagai ASN.

“Jika dirata-rata akan ada sebanyak 400 orang penghulu yang pensiun setiap tahunnya,”ungkap Menag.

Jika ini tidak segera diperhatikan, Menteri Agama memprediksi Indonesia akan kekurangan penghulu dalam 10 tahun ke depan. Saat ini Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam berupaya menambah kuota formasi calon penghulu, tetapi yang diperoleh hanya 150 orang setiap tahunnya.

"Kurangnya kuantitas penghulu ini tentu akan mempengaruhi kualitas pelayanan publik yang diberikan pada masyarakat, meskipun begitu kami tetap berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," imbuhnya.

Komisi VIII DPR Terkait Kuota Penghulu

Oleh sebab itu, Yaqut Cholil berharap Komisi VIII DPR sebagai mitra kerja Kementerian Agama dapat memberikan dukungan untuk dapat merealisasikan target pemenuhan kuota penghulu di seluruh Indonesia.

“Dengan kondisi ini tentunya dukungan dari Komisi VIII akan sangat membantu merealisasikan target pemenuhan kuota penghulu di seluruh Indonesia,” tutup Menag.

Artikel ini telah tayang dengan judul Fakta! Jumlah Penghulu di Indonesia Tak Sebanding dengan Jumlah Pernikahan Tiap Tahun.

Selain jumlah penghulu di Indonesia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.