Video Makam Upin dan Ipin Viral, Warganet Menduga-duga Hubungannya dengan Animasi
Upin Ipin (YT Les' Copaque Production)

Bagikan:

ACEH - Video TikTok yang menunjukkan foto nisan bertuliskan Upin dan Ipin viral dan menghebohkan warganet. Dua batu nisan yang bertuliskan Upin menunjukkan tanggal wafat pada 6 Agustus 1995, sedangkan Ipin pada 2 April 1996.

Dalam unggahan TikTok akun @ABI_ALONK_3110 tampaklah dua makam berwarna biru berukuran kecil. Pemilik akun mengatakan bahwa video tersebut didapatnya dari seorang teman yang tinggal di Malaysia.

BACA JUGA:


"Pantes nggak pernah gede. Ternyata ceritanya berdasarkan khayalan Opah 10 tahun yang lalu," tulis pemilik akun, dikutip VOI.

"Maaf ya gaes jadi rame, video ini alonk dapat dari teman yang juga orang Malaysia. Katanya, ini berdasarkan kisah dari nenek di sana yang diungkap ke dalam animasi," lanjutnya.

Beberapa Dugaan Latar Belakang Animasi Upin dan Ipin 

Karena populer di Indonesia, video tersebut mendapat banyak komentar dari warganet Indonesia. Beberapa warganet mengungkapkan teori konspirasi mengenai kematian Upin dan Ipin.

"Katanya ada teori konspirasi sebenernya keluarga ini kecelakaan 1 keluarga gitu ibu bapak sama Upin meninggal di tempat (kalau nggak salah) Ipin sama Kak Ros koma dan Kak Ros hidup," tulis akun @arr***.

"Simpang siur sih, ada juga yang bilang ini khayalan si opah yang nggak percaya cucunya meninggal. Ntahlah ini hanya si pembuatnya yang tahu," sambung akun @ica***.

Video tersebut diunggah ulang oleh akun gosip yang menunjukkan rumah yang mirip dengan rumah yang ada di animasinya. Penampakan rumah Upin dan Ipin yang mirip dengan animasinya. Warganet memberikan penjelasan di kolom komentar Instagram @Insta.nyinyir.

"Ini rumahnya kayaknya dibuat pas udah terkenal deh," beber akun @and***.

Dikutip dari berbagai sumber, animasi Upin Ipin pertama kali dibuat oleh Burhanuddin Radzi dan Ainon Ariff pada tahun 2007 silam. Kartun ini awalnya dibuat dengan tujuan menyambut Ramadan.

Kartun ini menceritakan tentang dua anak kembar bernama Upin dan Ipin dengan kakaknya yang galak bernama Kak Ros. Mereka tinggal bersama neneknya yang kerap dipanggil Opah. Diceritakan pula bahwa orang tua Upin, Ipin, dan Kak Ros telah meninggal dunia, tetapi tak dijelaskan penyebabnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Makam Upin dan Ipin Viral di Media Sosial, Spekulasi Warganet yang Bermunculan Jauh dari Perkiraan Penulis.

Selain makam Upin dan Ipin, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.