Sembilan AHWA Tetapkan K.H. Miftachul Akhyar sebagai Rais Aam PBNU 2021-2026
K.H. Miftachul Akhyar (BPMI Setpres/Lukas)

Bagikan:

ACEH – Rais aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021—2026 telah terpilih. Sembilan tim Ahlul Walii Wal Aqdi (AHWA) sepakat menetapkan K.H. Miftachul Akhyar sebagai rais aam PBNU untuk lima tahun ke depan.

“AHWA telah melaksanakan tugasnya sesuai yang diamanahkan oleh para muktamirin yang diamanahkan kepada 9 anggota AHWA. Suasana pelaksanaan rapat AHWA dipimpin oleh K.H. Ma’ruf Amin, suasana sangat akrab penuh dengan kekeluargaan bahkan dengan keadaban, sopan santun. Akhlak yang ditunjukkan para kiai-kiai kita benar-benar menjadi teladan bagi kita semua,” terang anggota AHWA, K.H. Zainal Abidin, dalam pengumuman hasil sidang AHWA dikutip VOI dari kanal YouTube TVNU, Jumat, 24 Desember dini hari. 

"Kami semua sepakat para sesepuh kiai dan tidak ada perbedaan pendapat, kami bulat sepakat yang menjadi Rais Aam untuk PBNU 2021-2026 K.H. Miftachul Akhyar,” ungkap K.H. Zainal Abidin yang disambut gemuruh tepuk tangan muktamirin. 

Sembilan AHWA Penentu Rais Aam PBNU

Sembilan AHWA yang melakukan rapat adalah K.H. Dimyati Rais, K.H. Mustofa Bisri, K.H. Ma'ruf Amin, K.H. Anwar Mansur, K.H. TG. Turmudzi, K.H. Miftachul Akhyar, K.H. Nurul Juda Jazuli, K.H. Buya Ali Akbar Marbun, dan K.H. Zainal Abidin.

Merujuk tata tertib Muktamar ke-34 NU, pemilihan rais aam PBNU disepakati menggunakan sistem AHWA. Dengan system ini, rais aam dipilih oleh sembilan orang yang mendapat mandat PCNU dan PWNU menjadi AHWA. Sistem AHWA menitikberatkan pada pendekatan musyawarah untuk mufakat.

Sementara, penentuan Ketua Umum Tanfidziyah PBNU nantinya diutamakan dengan cara mufakat, namun jika tidak menemui titik terang maka akan dilakukan pemungutan suara (voting). Para calon akan memperebutkan dukungan dari pemilik suara, yakni PCNU, PCINU, PWNU, PBNU, dan badan otonom.

Artikel ini telah tayang dengan judul KH Miftachul Akhyar Ditetapkan Jadi Rais Aam PBNU 2021-2026.

Selain rais aam PBNU, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.