Bahas Muktamar NU, Konbes NU Digelar 7 Desember 2021
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

ACEH – Konferensi besar (konbes) NU akan digelar pada 7 Desember guna memastikan jadwal pelaksanaan muktamar NU. Hal tersebut disampaikan oleh Rais Aam PBNU, K.H. Miftachul Ahyar.

Dia menjelaskan, konbes NU digelar menyusul permintaan mayoritas Pengurus Wilayah NU (PWNU) untuk dilaksanakan konbes guna memastikan jadwal pelaksanaan muktamar NU.

"Saya menerima surat-surat usulan dan permintaan konbes dari sejumlah PWNU, sejauh ini sudah 22 PWNU (dari 32 total PWNU yang aktif)," kata Miftachul dikutip VOI dari Antara, Senin, 6 Desember.

Permintaan Konbes NU Terkait Muktamar NU Tak Ditanggapi

Permintaan penyelenggaraan konbes juga telah disampaikan Miftachul Ahyar kepada Ketua Umum PBNU, K.H. Said Aqil Siroj, dalam pertemuan bersama K.H. Mustofa Bisri (Gus Mus) di Pondok Pesantren Asshodiqiyah, Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah, pada Minggu, 5 Desember.

"Saya sudah mengajak Ketua Umum untuk memenuhi permintaan itu, tapi tidak ditanggapi," ungkap Miftachul Ahyar.

Pengasuh Pesantren Miftachussunnah ini kemudian meminta Katib Aam PBNU mengulang ajakan untuk melaksanakan konbes dari mayoritas PWNU ke Ketua Umum PBNU.

Namun, ajakan dari Katib Aam PBNU juga tidak direspons, padahal dalam situasi yang tidak pasti maka suara mayoritas PWNU se-Indonesia harusnya didengarkan.

Undangan Konbes NU di Jakarta

"Maka dengan ini saya memutuskan untuk mengambil alih inisiatif penyelenggaraan konbes dan saya mengundang ketua-ketua Tanfidziyah PWNU seluruh Indonesia untuk hadir di Jakarta besok Selasa, 7 Desember 2021 untuk mengikuti konbes," kata KH Miftachul Ahyar.

Dalam AD/ART NU disebutkan 2/3 PWNU se-Indonesia bisa mengusulkan digelarnya Konferensi Besar NU untuk memutuskan isu strategis organisasi termasuk juga memutuskan jadwal muktamar.

Jumlah PWNU se-Indonesia sebanyak 34 dengan PWNU yang aktif 32 (2 PWNU mati SK-nya). Dengan demikian jika saat ini ada 22 PWNU yang menghendaki digelarnya Konbes maka PBNU harus melakukan Konbes dengan peserta PWNU.

Artikel ini telah tayang dengan judul Rais Aam: Konferensi Besar NU Jelang Muktamar Digelar 7 Desember.

Selain muktamar NU, ikuti berita serta info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.