Dokter Gadungan PSS Sleman Gunakan Ijazah Palsu USK Banda Aceh, Rektor Minta Pengusutan Tuntas
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

ACEH – Beberapa waktu lalu rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, Prof. Samsul Rizal, meminta pihak kepolisian melakukan penelusuran terhadap jaringan pembuat ijazah palsu dokter gadungan di PSS Sleman atas nama Elwizan Aminuddin.

"Kita sangat mendukung upaya hukum untuk menelusuri siapa pembuat ijazah itu, supaya terbongkar," kata Samsul di Banda Aceh dikutip VOI dari Antara, Selasa, 7 Desember.

Sebelumnya, Manajemen PT PSS Sleman melaporkan Elwizan Aminuddin ke pihak kepolisian karena diduga menjadi dokter gadungan.

Dalam laporannya, PSS Sleman membawa berkas lengkap dari internal berupa kontrak kerja dari yang bersangkutan. Kemudian, berkas verifikasi keabsahan ijazah No: 5752/UN11/WA.01.00/2021 dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yang menyatakan ijazah tersebut palsu.

Pengusutan Pembuat Ijazah Palsu Elwizan Aminuddin

Samsul menegaskan, Elwizan Aminuddin tidak pernah tercatat di Fakultas Kedokteran (FK) USK Banda Aceh. Kampus tersebut juga tidak pernah mengeluarkan ijazah atas nama yang bersangkutan.

"Kan ada pendataan, yang bersangkutan tidak pernah tercatat, tidak pernah Unsyiah mengeluarkan ijazah atas nama Elwizan Aminuddin. Bisa dicek di PD DIKTI," ujarnya.

Dia menilai, pengusutan hingga menemukan pelaku pembuat ijazah palsu tersebut perlu dilakukan untuk memberikan efek jera. Hal itu penting agar tidak lagi ada orang yang sembarangan membuat ijazah.

"Harus ada efek jera, bukan hanya kepada yang bersangkutan yang membeli, tapi yang membuat ijazah atau jaringannya itu harus diusut tuntas," katanya.

Samsul juga mengingatkan penerima kerja untuk mengecek keabsahan ijazah calon pekerja melalui PD DIKTI atau homepage USK.

"Untuk yang ijazah digital bisa cek QR code secara langsung. Kalau ada yang mencurigakan agar langsung ditanyakan ke USK," ujar Samsul.

Artikel ini telah tayang dengan judul Rektor USK Minta Polisi Usut Pembuat Ijazah Palsu Dokter Gadungan PSS Sleman.

Selain ijazah palsu, ikuti berita serta info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.