Satu Orang Meninggal Akibat Tanah Longsor di Gayo Lues
Foto/BNPB

Bagikan:

ACEH – Pada Senin, 22 November, pukul 23.00 WIB terjadi tanah longsor di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Material longsor berada di wilayah lintas, antara Kecamatan Rikit Gaib dan Kecamatan Pantan Cuaca.

Berdasarkan keterangan Plt. Kapusdatinkom Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Abdul Muhari, material longsoran menyebabkan dua warga terdampak.

"Satu warga di antaranya telah dievakuasi tim gabungan dalam kondisi meninggal dunia," terang Abdul dalam keterangannya, dikutip VOI, Selasa, 23 November.

Sementara, hingga berita ini dibuat tim gabungan masih melakukan pencarian terhadap satu korban lain yang tertimbun longsor. Korban bencana alam ini diperkirakan berusia 60 tahun.

"Upaya pencarian sejak peristiwa ini terjadi dilakukan tim gabungan dari personel BPBD, TNI, Polri dan warga setempat," ungkap dia.

Tim Mewaspadai Tanah Longsor Susulan

Abdul menjelaskan, petugas di lapangan berhati-hati dalam melakukan operasi pencarian dan pertolongan karena mewaspadai kemungkinan longsor susulan.

Sementara, pantauan prakiraan cuaca BMKG pada hari ini hingga esok, wilayah Kecamatan Rikit Gaib dan Kecamatan Pantan Cuaca masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan.

Menyikapi potensi hujan di kawasan tersebut, Abdul mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap bahaya hidrometeorologi basah, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.

"Warga dan komunitas dapat menyiapkan rencana kesiapsiagaan maupun menjalin komunikasi antar desa untuk memantau kondisi dan potensi terjadinya bencana hidrometeorologi," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Longsor di Gayo Lues Aceh, Satu Warga Meninggal Dunia.

Selain tanah longsor di Gayo Lues, ikuti berita info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!