Angin Kencang Terjang Gayo Lues Aceh, Puluhan Rumah Rusak
Angin kencang menerpa Desa Bantul Musara, Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh (Foto: dokumentasi BNPB)

Bagikan:

JAKARTA - Angin kencang menerpa Desa Bantul Musara, Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh pada Rabu, sekitar pukul 16.00 waktu setempat. Peristiwa berlangsung bersamaan dengan hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut.

Plt. Kapusdstinkom Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menuturkan, sebanyak 21 rumah rusak akibat diterjang angin kencang tersebut.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gayo Lues mencatat sebanyak 21 rumah rusak, dengan rincian rusak berat 5 unit dan rusak ringan 16," kata Abdul Muhari dalam keterangannya, Kamis, 6 Januari.

Sebanyak 21 KK mengungsi sementara ke tempat saudara waktu setelah kejadian. Akibat peristiwa tersebut, tidak ada laporan korban luka-luka.

"Setelah angin kencang reda, petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri dan aparat desa membantu keluarga terdampak untuk membersihkan material bangunan sekitar rumah mereka," ujar dia.

Abdul Muhari menuturkan, Tripe Jaya termasuk salah satu wilayah dari total 11 kecamatan di Gayo Lues dengan potensi pada kategori sedang hingga tinggi.

Sementara itu, prakiraan cuaca di Kecamatan Tripe Jaya pada hari ini dan Jumat, 7 Januari, berpotensi cerah hingga hujan ringan.

Menyikapi puncak musim hujan pada bulan ini hingga Februari, Abdul Muhari mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.

"Masyarakat dapat melihat potensi bahaya dan risiko di sekitar melalui aplikasi inaRISK atau pun informasi cuaca dari lembaga pemerintah maupun BPBD," ucap dia.