Ma'ruf Amin Imbau Pemda Terkait Antisipasi Bencana Alam Akhir Tahun
Wapres Ma'ruf Amin diapit Mendagri Tito Karnavian dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

ACEH – Bencana alam berpotensi terjadi pada akhir tahun, Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta seluruh pemerintah daerah (pemda) bersiaga. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi lebih awal.

"Pemerintah daerah menyiapkan untuk mengantisipasi, mitigasi, supaya tidak kemudian ketika kita menghadapi terjadi secara dadakan, tapi dipersiapkan secara lebih awal karena ini bencana yang selalu hadir setiap tahun," terang Ma'ruf Amin di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan, Sumatra Utara, dikutip VOI dari Antara, Rabu, 17 November. 

Antisipasi Bencana Alam pada Akhir Tahun

Selain iklim, Ma'ruf Amin menilai bencana alam terjadi karena kerusakan lingkungan. Pemda, lanjut Ma’ruf, harus bisa mengantisipasi hal tersebut agar dampak bencana tidak terlalu besar.

"Bencana selalu ada, situasi tidak mungkin dihindari dan yang kita harapkan itu bagaimana memperkecil dampak bencana kepada masyarakat, misalnya mereka harus mengungsi dan lebih siap bentuk rumah seperti apa supaya tidak kebanjiran misalnya, kemudian dipindahkan ke daerah yang lebih tinggi," katanya.

Ia juga mengatakan, dirinya telah meminta pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran yang cukup bagi penanganan bencana alam.

"Ketika ada korban jiwa dan saya juga minta Menteri Sosial sedini mungkin mengantisipasi daerah yang terkena banjir dan daerah juga menganggarkan dana penanggulangan bencana dan banyak hal yang harus dilakukan," tutupnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Hadapi Potensi Bencana Akhir Tahun, Wapres Ma'ruf Keluarkan Peringatan Waspada ke Pemda.

Selain potensi bencana alam akhir tahun, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!