Google Luncurkan Fitur untuk Menghapus Foto Diri dari Mesin Pencari bagi Anak di Bawah 18 Tahun
Google menawarkan cara bagi orang-orang untuk meminta penghapusan informasi pribadi dan foto. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

ACEH – Belum lama ini Google meluncurkan fitur yang bisa digunakan untuk melindungi anak-anak di bawah umur. Anak di bawah umur dipermudah dalam menghapus gambar diri mereka sendiri dari mesin pencari.

"Kami tahu bahwa anak-anak dan remaja harus menavigasi beberapa tantangan unik secara online, terutama ketika gambar mereka tiba-tiba tersedia di internet," ungkap Google.

Fitur baru ini, jelas Google, memungkinkan orang tua dan anak-anak di bawah usia 18 tahun untuk meminta agar foto anak di bawah usia 18 tahun dihapus dari tab gambarnya atau agar tidak muncul sebagai thumbnail dalam hasil pencari.

Penghapusan Gambar Anak Bawah Umur dari Mesin Pencari

Sebelumnya, Google sudah menawarkan cara bagi orang-orang untuk meminta penghapusan informasi pribadi dan foto yang sesuai dengan kategori, seperti eksplisit nonkonsensual atau identitas keuangan, medis, dan nasional. Saat ini, Google memperluasnya ke gambar anak di bawah umur.

Dilansir CNN Internasional, setelah mengajukan permintaan penghapusan, tim Google akan melakukan peninjauan terhadap setiap pengiriman dan menghubungi jika mereka membutuhkan informasi tambahan untuk memverifikasi persyaratan penghapusan.

Namun, perusahaan menekankan bahwa ini tidak akan menghapus gambar dari internet sepenuhnya. Mereka perlu menghubungi webmaster situs web untuk meminta konten tersebut dihapus.

Fitur baru ini hadir pada saat raksasa teknologi tersebut menghadapi peningkatan pengawasan atas efek mereka pada anak-anak. Kebijakan tersebut awalnya diumumkan pada bulan Agustus, sebagai bagian dari upaya yang lebih besar untuk melindungi anak di bawah umur di seluruh platformnya.

Fitur lain yang diperkenalkan pada saat itu termasuk pengaturan default pribadi untuk semua video yang diunggah oleh seorang remaja dan alat yang disebut Family Link, dapat membantu orang tua memantau akun anak-anak mereka.

Beberapa ahli turut memuji langkah terbaru Google untuk memberi anak di bawah umur kontrol lebih besar atas gambar mereka. Dengan menghapus foto mereka, diklaim dapat mengurangi cyber-bullying atau mencegah informasi dan foto yang berpotensi berbahaya untuk tetap ada secara online.

Artikel ini telah tayang dengan judul Anak Usia 18 Tahun ke Bawah Kini Bisa Hapus Foto Mereka dari Mesin Pencarian.

Selain menghapus foto di mesin pencari, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!