Pengukuran Detak Jantung dan Pernapasan Bisa Dilakukan dengan Kamera iPhone, Ini Penjelasannya
Google Fit di iOS menerima fitur pengukuran detak jantung dan pernapasan. (foto; dok. unsplash)

Bagikan:

ACEH – Beberapa waktu lalu dikabarkan bahwa Google Fit untuk iOS telah menerima kemampuan melacak dan mengukur detak jantung serta pernapasan dengan kamera iPhone. Ini merupakan aplikasi kebugaran yang mampu mengukur detak jantung pengguna saat pengguna memberikan tekanan ringan pada lensa kamera belakang. Aplikasi tersebut juga berfungsi meski ponsel tidak memiliki koneksi internet aktif.

Sementara, kamera depan memiliki kemampuan untuk melacak napas pengguna per menit (BPM). Kemampuan pelacakan detak jantung dan pernapasan Google Fit pertama kali diperkenalkan untuk smartphone Google Pixel pada Februari 2021.

9to5Google melaporkan, Google Fit di iOS menerima fitur pengukuran detak jantung dan pernapasan. Google melacak gerakan halus di tubuh pengguna untuk mengukur detak jantung dan BPM.

Pengukuran Detak Jantung Google Fit untuk iOS

Terkait pengukuran detak jantung dengan kamera belakang, jika pengguna ada di lingkungan dengan cahaya redup, aplikasi pelacak kebugaran bisa menggunakan flash ponsel.

Sebagai alternatif, pengguna bisa meletakkan tangan dan handset iPhone mereka di depan sumber cahaya. Google akan mengukur detak jantung dengan melacak perubahan halus pada warna jari pengguna untuk memperkirakan aliran darah. Algoritme detak jantung juga memperhitungkan pencahayaan, warna kulit, usia, dan faktor lainnya.

Proses pengukuran detak jantung butuh waktu sekitar 30 detik dan menampilkan grafik dengan detak per menit (BPM). Selanjutnya, pengguna punya pilihan untuk menyimpan data vital ke Google Fit.

Pengukuran Pernapasan dengan Kamera Depan

Kamera selfie iPhone atau kamera depan bisa digunakan untuk melacak laju pernapasan pengguna. Agar bisa berfungsi, pengguna harus menjaga ponsel mereka tetap stabil dengan kepala dan dada terlihat jelas di layar aplikasi.

Perintah di layar memandu pengguna untuk "diam" selama sekitar setengah menit. Gerakan dada yang halus dengan penglihatan komputer yang melacak gerakan fisik kecil mengukur tingkat pernapasan pengguna.

Sebagai alternatif, pengukuran di Google Fit juga dapat dimulai dengan membuka tab Browse dan mengklik Vitals. Pengguna juga memiliki opsi untuk mengatur pengingat untuk pengukuran.

Seperti dikutip VOI dari Gadget 360, 9to5Google menyebutkan bahwa mereka dapat melihat pengukuran detak jantung dan pernapasan baru di iPhone 7 dan iPad Pro.

Laporan itu juga mengatakan bahwa jika pengguna baru saja mengunduh Google Fit dan tidak menunjukkan kartu baru, menutup aplikasi dari layar multitasking dan membuka kembali akan membuatnya berfungsi.

Google pertama kali memperkenalkan fitur pengukuran detak jantung dan pernapasan untuk Google Fit pada bulan Februari. Fitur-fitur tersebut awalnya dirilis untuk ponsel Pixel, namun akhirnya menjangkau untuk ponsel Android lainnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Google Fit di iOS Bisa Lacak Detak Jantung dan Pernapasan dengan Kamera, Ini Cara Pakainya!

Selain Google fit dan iOS, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.