Info Tekno: Cara Mengatasi Notifikasi Google Telah Berhenti pada "Smartphone"
Aplikasi Google Play Store (Tech Devised)

Bagikan:

ACEH - Sejumlah aplikasi di ponsel milik Google menampilkan pemberitahuan “Terus Berhenti”. Keluhan semacam ini banyak dilaporkan pengguna ponsel Xiaomi dan ponsel dengan basis OS MiUI.

Beberapa pengguna menyampaikan bahwa pemberitahuan eror tersebut terus muncul sekalipun ponsel telah di-restart, baik saat membuka aplikasi Gmail maupun mesin pencari.

Gangguan tersebut ternyata tak hanya dialami oleh pengguna ponsel di Indonesia saja. Gangguan tersebut terjadi secara global.

Google segera mengklarifikasi masalah tersebut. Melalui akun Twitter perusahaan, Google membenarkan bahwa layanan miliknya sedang mengalami gangguan. Hanya saja, Google enggan menerangkan penyebab dari gangguan tersebut.

Selain itu, Google hanya meminta pengguna ponsel melakukan restart perangkat jika mengalami kendala di atas. Tanpa tambahan apa pun. Tanpa penjelasan lebih dalam dan mendetail.

Mengatasi Aplikasi Google Telah Berhenti

Penjelasan yang bisa jadi solusi disampaikan oleh salah satu pengguna Android. Melalui akun Twitter @kayliliput, ia menyampaikan bahwa dirinya berhasil mengatasi aplikasi Google terus berhenti.

Inilah langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1.    Pertama, buka aplikasi Pengaturan pada ponsel. Kemudian, masuk ke menu Pengelolaan Aplikasi.

2.    Selanjutnya, cari aplikasi Google, ketuk ikon aplikasi tersebut.

3.    Ketuk menu berlambang tiga di pojok kanan atas. Lalu ketuk tombol ‘Hapus Instalan Pembaruan'.

4.    Setelah itu, ketuk OK pada menu baru yang muncul.

Berdasarkan uji coba VOI, langkah tersebut cukup ampuh untuk mengatasi kendala “Google Berhenti”. Namun perlu dicatat, langkah di atas sifatnya hanya sementara. Sebab, kita masih harus menunggu hingga Google memberikan pembaruan aplikasi yang bisa memperbaiki bug tersebut –contohnya seperti kasus error pada Android WebView yang berlangsung awal tahun ini.

Maka, jika layar ponsel Anda masih menampilkan pemberitahuan “Google Terus Berhenti” saat membuka layanan atau aplikasi Google, langsung jalankan langkah di atas. Sudah banyak yang membuktikannya!  

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Google di Ponselmu Masih Terus Berhenti? Begini Cara Mengatasinya. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!