Muktamar Segara Digelar, Said Aqil Siradj Mengaku Siap Mencalonkan Diri sebagai Ketum PBNU
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

ACEH – Said Aqil Siradj, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), mengaku siap untuk kembali mencalonkan diri sebagai calon ketua umum PBNU periode selanjutnya. Muktamar PBNU akan digelar pada tanggal 23—25 Desember 2021 di Lampung.

“Kalau diminta oleh para kiyai saya siap,” ungkap Said Aqil di Banda Aceh, Selasa, 19 Oktober, dikutip dari Antara.

Sejumlah tokoh agama dan kiai besar telah meminta Said untuk kembali mencalonkan diri, seperti Tuan Guru Turmudzi dari Lombok, Kiai Muhtadi dari Banten, para kiai dari Jawa Tengah, dan para kiai dari Jawa Timur termasuk Habib Luthfi.

Salah satu ulama Aceh, Teungku Nuruzzahri atau Waled NU, diketahui juga telah meminta agar Said Aqil kembali mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PBNU.

Visi dan Misi Said Aqil Siradj jika Mencalonkan Diri sebagai Ketua Umum PBNU

Said Aqil mengatakan, salah satu visi dan misi pencalonan dirinya nanti adalah meningkatkan kualitas kemandirian NU termasuk dalam budaya dan pendanaan.

Dia menyatakan, NU harus mandiri secara finansial, tidak meminta-minta, termasuk dalam pembangunan masjid, madrasah, dan pondok pesantren juga harus mandiri dengan melibatkan kemandirian bersama umat.

“Jadi, kita ingin NU yang mandiri, terhindar dari aliran apa pun yang berbahaya seperti radikal, sekuler, atau liberal,” katanya menegaskan.

Menurutnya, dalam kepemimpinannya selama ini, NU tidak berpihak kepada aliran kiri dan aliran kanan (radikal, sekuler, atau liberal). Namun, NU selalu menghormati jalan tengah.

KH Said Aqil juga mengatakan, selama 10 tahun memimpin NU, dirinya telah melakukan berbagai terobosan, misalnya membangun 34 perguruan tinggi negeri tersebar di sejumlah daerah, seperti Sumatra Utara, Sumatra Barat, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, serta sejumlah daerah lainnya termasuk di seluruh Pulau Jawa.

Selain itu, selama kepemimpinannya di PBNU, KH Said Aqil juga telah banyak melahirkan ide dan gagasan termasuk mencetus lahirnya badan hukum NU, Undang-Undang Pesantren, Peringatan Hari Santri, pengkaderan NU melalui MKNU, hadirnya TVNU, portal islam terbesar yakni Nuonline.

Artikel ini telah tayang dengan judul Said Aqil Siap Kembali Calonkan Diri Jadi Ketum PBNU.

Selain Said Aqil Siradj, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!