Puluhan Atlet PON XX Papua Positif COVID-19
Ilustrasi COVID-19 (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

ACEH – Satgas Pencegahan dan Penanganan (SGPP) COVID-19 Papua, mengatakan bahwa saat ini ditemukan 29 kasus di empat klaster PON XX Papua. Kasus positif COVID-19 pertama ditemukan di Timika sebelum pembukaan pertandingan cabang olahraga.

Jubir SGPP COVID-19 Papua, Silwanus Sumule, mengakui 29 orang yang terpapar itu terdiri atas atlet, ofisial, dan panitia pelaksana (panpel).

Rincian 29 orang positif COVID-19 adalah 13 orang di Timika, tujuh orang di Kabupaten Jayapura, enam orang di Kota Jayapura, dan tiga orang di Merauke. Dari laporan yang diterima, rata-rata mereka bergejala ringan bahkan ada yang tanpa gejala.

"Seluruhnya sudah divaksin di daerahnya sebelum datang ke Papua untuk mengikuti PON XX," kata Sumule seraya menambahkan, karena sudah divaksinasi, mereka dinyatakan positif tetapi tidak bergejala.

Atlet PON XX Papua Positif COVID-19 Diisolasi

Walaupun demikian, saat ini mereka menjalani isolasi di tempat-tempat yang telah disediakan pemda setempat termasuk di isolasi terpusat terapung yang ada di KM Tidar untuk Jayapura dan KM Sirimau di Merauke, Sumule.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura dr. Nyoman Antari mengakui, keenam atlet PON XX yang positif itu berasal dari DKI Jakarta dua orang, Sumut, NTT dan Kaltim masing-masing satu orang.

Atlet-atlet yang positif COVID-19 itu saat ini ada yang dirawat di isolasi terpusat terapung KM Tidar dan RS Provita.

Saat ini KM Tidar menangani tiga orang yang positif COVID-19 termasuk dua atlet yang mengikuti PON XX, tambah dr. Nyoman Antari.

Artikel ini telah tayang dengan judul 29 Kasus COVID-19 Ditemukan di PON XX Papua, Satgas: Tanpa Gejala dan Gejala Ringan.

Selain PON XX Papua, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!