Kepercayaan terhadap KPK Urutan Kelima, Kalah dari TNI dan Polri
Ilustrasi (VOI)

Bagikan:

ACEH - Hasil survei yang dilakukan oleh Institute for Democracy and Strategic Affair (Indostrategic) menunjukkan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berada di urutan kelima sebagai lembaga yang paling dipercaya publik. Sementara itu di posisi pertama ditempati TNI.

"TNI menjadi lembaga negara dengan tingkat kepercayaan tertinggi 84,9 persen," demikian dikutip dari keterangan tertulis Indostrategic pada Rabu, 4 Agustus.

Kemudian urutan selanjutnya diduduki oleh lembaga kepresidenan dengan persentase mencapai 79,8 persen; pemerintah daerah 76,3 persen; Polri 73,4 persen; dan barulah KPK dengan 73,4 persen.

Berikutnya, survei ini mencatat tingkat kepercayaan terhadap Mahkamah Agung (MA) berada di angka 68,5 persen; Mahkamah Konstitusi (MK) 67,83 persen; Kejaksaan Agung 65,8 persen; DPRD/DPD 63,38 persen; dan DPR RI 60,38 persen.

"Sementara partai politik terendah 58,3 persen," tulis hasil survei tersebut.

Selain Kepercayaan terhadap KPK, Survei Mengungkap Kepuasan terhadap Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf

Lebih lanjut, survei ini juga mengungkap tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin mencapai 60,4 persen. Di mana 8,51 persen responden mengaku sangat puas dan 52,25 persen menyatakan puas.

Sedangkan 35 persen responden menyatakan tidak puas dengan kinerja pemerintah dengan rincian 30,65 persen tidak puas dan 4,35 persen menyatakan sangat tidak puas. Sisanya sebanyak 4,6 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak jawab.

Survei ini dilakukan pada 23 Maret hingga 1 Juni 2021 dengan total responden 2.400 yang tersebar di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan metode multistage random.

Survei dilakukan dengan tatap muka dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Adapun tingkat kepercayaan survei ini mencapai 95 persen dengan margin of error sebesar 2 persen.

Artikel ini telah tayang dengan judul Survei: KPK di Urutan Kelima Lembaga Paling Dipercaya Publik, Kalah dari TNI dan Polri.

Selain kepercayaan masyarakat terhadap KPK, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!