Bertepatan dengan Hari Antikorupsi Sedunia, Novel Baswedan dkk. Dilantik Jadi ASN Polri
Mantan penyidik KPK Novel Baswedan dkk memberikan keterangan pers usai mengikuti sosialisasi pengangkatan sebagai ASN Polri di Mabes Polri(Foto: Laily Rahmawaty/Antara)

Bagikan:

ACEH – Hari ini Novel Baswedan dan 43 eks pegawai KPK yang lain akan dilantik menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri. Pelantikan ini bertepatan dengan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia).

Menurut mantan jubir KPK, Febri Diansyah, ada pesan kuat yang coba disampaikan oleh Polri. Terlebih lagi, lanjutnya, saat ini tingkat kepercayaan publik terhadap KPK turun, bahkan di bawah Korps Bhayangkara.

"Saya pikir mungkin ada pesan kuat dengan momentum pelantikan di hari antikorupsi tersebut. Apalagi, sekarang kepercayaan publik kepada KPK sudah turun drastis," ungkap Febri kepada VOI, Rabu, 8 Desember.

Novel Baswedan dkk. Akan Diuji Melalui Status ASN Polri

Melalui akun Twitter-nya, @febridiansyah, dia mengucapkan selamat kepada Novel Baswedan dkk. Dia mengatakan, status sebagai ASN Polri akan menjadi ujian lanjutan bagi para eks pegawai KPK untuk melawan korupsi di Indonesia.

"Selamat mengabdikan diri, teman2.. Sekaligus akan jadi ujian bagi setiap ikhtiar melawan korupsi.. Dilantik bertepatan dg Hari Antikorupsi Internasional," tulis Febri.

Sementara, untuk 12 orang lain yang memilih untuk tidak menjadi ASN Polri, Febri berharap mereka tetap berkontribusi dalam melawan praktik culas tersebut.

"Hormat saya jg untuk 12 lainnya.. Dg pertimbangan dan pilihan yg berbeda. Semoga ttp dpt berkontribusi utk pemb korupsi," ujarnya.

Novel Baswedan dkk. Akan Jalani Pendidikan

Sebelumnya, diberitakan bahwa pelantikan eks pegawai KPK akan dilaksanakan di Gedung Rupatama, Mabes Polri sekitar pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini akan dipimpin oleh AS SDM Polri, Irjen Wahyu Widada.

Usai dilantik, Novel Baswedan dkk. akan mengikuti pendidikan di Pusat Pendidikan Administrasi Lembaga Pendidikan Polri (Pusdikmin Lemdikpol), Bandung, Jawa Barat.

Nantinya, setelah dilantik mereka akan menjalankan tugas khusus dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yaitu mengawasi dana COVID-19 dan proyek strategis nasional serta turut mengawal pemulihan ekonomi nasional.

Artikel ini telah tayang dengan judul Novel Baswedan dkk Dilantik Jadi ASN Polri Saat Peringatan Hari Antikorupsi, Febri Diansyah: Ada Pesan Kuat.

Selain pelantikan Novel Baswedan dkk. sebagai ASN, ikuti berita serta info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.