Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Cepat Sebelum ke Dokter
Ilustrasi sakit gigi (unsplash)

Bagikan:

ACEH - Sakit gigi bisa saja tiba tiba muncul bahkan di malam hari. Kondisi tersebut dapat menyebabkan penderitanya tidak bisa tidur dengan nyenyak. Oleh karena itu diperlukan penanganan dengan segera agar rasa sakit menghilang. Lantas bagaimana cara menghilangkan sakit gigi tanpa pergi ke dokter sementara waktu? Yuk simak ulasan lengkapnya.

Langkah Awal Cara Menghilangkan Sakit Gigi

1. Mengompres Menggunakan Es Batu

Apabila rasa nyeri tiba tiba muncul, anda bisa menggunakan es batu untuk mengompres pipi yang bengkak. Cara ini akan perlahan lahan membuat rasa nyeri berkurang. Cara ini adalah yang paling mudah dan sederhana karena tidak memerlukan banyak bahan. Selain itu, cara ini juga bisa mengatasi pendarahan di dalam jaringan gusi.

Untuk melakukan cara ini, anda perlu membungkus beberapa keeping es batu ke dalam handuk kecil. Kemudian tempelkan handuk tersebut di area pipi yang membesar selama kurang lebih 15 sampai 20 menit.

Ulangi cara meredakan sakit gigi ini beberapa kali ngga rasa nyeri berkurang. Suhu yang dingin juga akan membuat anda merasa nyaman dan teralihkan dari rasa sakit.

2. Berkumur Dengan Air Garam

Tips kedua yang bisa anda gunakan sebagai pertolongan pertama saat mengalami sakit gigi adalah berkumur dengan air garam. Cara ini sudah digunakan sejak dahulu kala dan banyak orang yang merasa bahwa cara tersebut cukup ampuh. Kabarnya, larutan garam dapat meredakan peradangan di bagian gigi dan gusi.

Sebelum berkumur, anda perlu membersihkan rongga mulut dari sisa sisa makanan. Setelah itu siapkan 1 sampai 2 sendok makan garam dapur dan larutkan ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik. Ulangi cara meredakan sakit gigi ini beberapa kali hingga bagian gigi terasa lebih nyaman dibandingkan sebelumnya.

3. Mengunyah Satu Siung Bawang Putih

Mengunyah bawang putih juga dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit akibat gigi yang bermasalah. Hal ini terjadi karena bawang putih mengandung senyawa antiseptic dan antibiotic alami sehingga mampu melawan infeksi.

Senyawa allicin yang terkandung di dalamnya juga cukup efektif mengurangi rasa nyeri pada gigi sehingga membuat anda menjadi lebih nyaman. Anda hanya perlu menyiapkan satu siung bawang putih dan membaginya menjadi dua bagian.

Bawang putih tersebut kemudian ditempelkan di bagian gigi yang terasa sakit. Diamkan beberapa saat hingga nyeri nya menghilang. Anda juga bisa mengunyahnya selama beberapa menit. Sayangnya cara meredakan sakit gigi ini sedikit kurang nyaman karena bahannya yang terlalu kuat.

4. Menggunakan Obat Pereda Nyeri

Cara mengobati sakit gigi yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Obat jenis ini dijual dengan bebas di apotek tanpa resep dokter. Anda hanya perlu menggunakannya sesuai dengan petunjuk penggunaannya saja. Cara ini bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama saat kondisinya tidak memungkinkan untuk menemui dokter.

5. Berkumur dengan Minyak Cengkeh

Cengkih juga dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengatasi sakit gigi. Anda hanya perlu menggunakan beberapa tetes minyak cengkeh dan mencampurkannya dengan air hangat. Kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur beberapa saat. Anda juga bisa  merendam kapas dengan minyak cengkeh kemudian menggigitnya. Cara meredakan sakit gigi ini lebih efektif.

Agar tidak mengalami masalah ini, anda perlu melakukan yang terbaik untuk merawat gigi. Cara yang paling sederhana adalah dengan menyikat gigi mengikuti instruksi yang benar. Anda juga perlu melakukan pemeriksaan gigi ke dokter setidaknya 6 bulan sekali. Untuk cara merawat gigi yang lain, Anda bisa melihat di internet, salah satunya di sini.

Artikel ini telah tayang dengan judul Simak Langkah Pertolongan Pertama untuk Meredakan Nyeri Gigi Tanpa ke Dokter.

Selain cara menghilangkan sakit gigi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!