Jangan Anggap Remeh! Kenali Tanda-Tanda Anak Butuh Kacamata agar Penanganan Tepat Bisa Segera Dilakukan
Anak berkacamata (Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Orang dewasa mungkin lebih mudah menyadari ketika ada kejanggalan dengan penglihatan, seperti mata sering lelah, pandangan kabur, dan kurang jelas ketika melihat tulisan berukuran kecil. Namun, bagaimana dengan anak-anak?

Terkadang agak sulit mengetahui apakah kesehatan mata anak baik-baik saja atau mulai terganggu. Sebab, beberapa anak tidak mengatakan apa yang ia rasakan kepada orang tuanya.

Sang anak mungkin sudah merasa ada yang aneh, tetapi enggan membicarakannya kepada orang lain. Jadi, pengetahuan soal tanda-tanda anak butuh kacamata perlu dimiliki orang tua.

4 Tanda Anak Butuh Kacamata

1.    Kerap mengucek mata

Salah satu tanda anak butuh kacamata bila ia terlihat sering mengucek mata. Terutama, jika tidak ada benda asing apa pun di dalam mata.

Jika saat berbicara, menonton sesuatu, membaca buku, bermain, atau belajar si kecil sering mengusap-ngusap matanya, orang tua harus mulai curiga. 

2.    Kerap menyipitkan mata

Orang dewasa pun sering menyipitkan mata saat melihat sesuatu yang jaraknya jauh. Nah, kalau anak sering menyipitkan mata ketika melihat benda atau tulisan, orang tua perlu lebih perhatian dengan kesehatan mata anak. Menyipitkan mata sering dilakukan seseorang agar pandangan lebih fokus. 

3.    Melihat benda dengan jarak sangat dekat 

Tanda lain adalah ketika anak seringkali kepergok melihat benda atau tulisan dari jarak sangat dekat. Bahkan, ia sering berjalan mendekati benda-benda untuk mengamatinya secara langsung dari jarak dekat. Ibu bisa juga bertanya langsung mengapa ia melakukannya agar lebih pasti. 

4.    Kesulitan membaca

Anak yang memiliki gangguan penglihatan bisa kesulitan dalam membaca. Cobalah memperhatikan anak ketika sedang belajar di rumah. Bisa juga meminta dia membacakan dongeng.

Perhatikan gerak-geriknya apa ia kelihatan susah membaca tulisan yang ada di buku, salah membaca, atau apakah  jari-jarinya ikut mengarahkan tulisan.

Anak juga mungkin mencari posisi tertentu yang membuatnya lebih mudah membaca, seperti mendekatkan buku ke arah mata, memiringkan kepala, atau menutup satu mata dengan tangan.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Kenali 4 Tanda Anak Butuh Pakai Kacamata. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!