Tanda Orang Belum Siap Punya Anak Setelah Menikah
Ilustrasi (Vlada Karpovich/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Pasangan suami istri ada yang ingin segera mendapatkan momongan setelah menikah, tetapi ada pula yang ingin menundanya. Hal tersebut bisa cukup terbaca dari tanda-tanda yang muncul. Ada tanda orang belum siap punya anak yang bisa Anda ketahui untuk memahami pasangan Anda.

Jika Anda dan pasangan sedang bingung dengan persoalan ini, berikut beberapa penjelasannya, dikutip VOI dari Mind Body Green.

Tanda Orang Belum Siap Punya Pasangan Usai Menikah

Merasa belum cukup sehat

Kehamilan butuh perhatian yang besar kepada tubuh, baik mental maupun fisik, terutama bagi calon ibu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendukung kesuburan. Sebelum berusia 40 tahun, calon ibu punya waktu untuk menjaga kesehatan sehingga Anda dan bayi bisa sesehat mungkin.

Namun, bagi Anda yang akan berusia usia 40 tahun, sebaiknya lebih fokus pada hal ini. Jika Anda berusia 40 tahun dan tidak yakin dengan kesehatan Anda, bicarakan dengan OB-GYN atau spesialis kesuburan tentang pilihan hamil pada usia 40 tahun. 

Lemahnya hubungan pernikahan

Banyak pasangan mengira kehadiran anak akan menyelamatkan hubungan. Sayangnya, anggapan ini belum tentu benar. Jika pernikahan Anda dan pasangan tidak cukup kuat dan tidak terlibat dalam komunikasi sehat, maka sebaiknya perbaiki dulu hubungan tersebut sebelum memutuskan memiliki anak.

Merasa tertekan

Sebelum merencanakan punya anak, tanyakan pada diri sendiri seberapa besar Anda menginginkan kehadiran seorang anak. Faktor luar lingkungan seperti pengaruh keluarga maupun desakan lingkungan membuat Anda berpikir untuk punya anak padahal sebenarnya dalam hati, Anda belum siap untuk itu. 

Ingin anak untuk memenuhi kebutuhan pribadi

Membesarkan anak artinya Anda siap mengasuh dan mendukung kehidupan baru yang Anda ciptakan, bukan memikirkan apa yang bisa Anda dapatkan dari anak. Anak-anak adalah berkah, tapi mereka tidak bertanggung jawab menyelamatkan hubungan pernikahan orang tuanya yang hampir gagal ataupun memenuhi kebutuhan orang tua saat dewasa nanti. Jika Anda masih punya dua pikiran tersebut, berarti Anda belum siap memiliki anak.

Masih berjuang secara finansial

Membesarkan anak butuh uang yang tidak sedikit. Anda perlu menyiapkan tabungan untuk membayar semua kebutuhan anak. Jika keuangan Anda tidak dalam kondisi baik, pertimbangkan apakah itu demi kepentingan terbaik Anda untuk menunggu sampai Anda berada dalam posisi keuangan yang lebih baik.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Tanda Anda dan Pasangan Belum Siap Memiliki Anak.

Selain tanda orang belum siap punya anak, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.

Terkait