Tengkorak Mirip Alien Viral di Medsos, Berikut Penjelasan Arkeolog
Temuan tengkorak mirip alien (Wikimedia Commons)

Bagikan:

ACEH - Foto tengkorak yang ditemukan di Peru sempat viral di Facebook lantaran diklaim mirip dengan kepala alien dari luar angkasa yang ada di film-film. Meski begitu, arkeolog mengatakan bahwa tengkorak tersebut adalah tengkorak manusia.

Mengutip laman Futurism, profesor antropologi dari University of Wyoming, Melissa Murphy, mengatakan bahwa tengkorak tersebut seperti tengkorak manusia biasa.

"Rongga mata normal dan sempurna dalam kisaran variasi manusia dan terlihat seperti rongga mata tengkorak manusia lain dari Peru," ungkap Murphy.

Orang Peru Kuno Memiliki Sejarah Pengikatan Kepala

Jika dilihat sekilas, tengkorak tersebut tampak tidak biasa. Unggahan video YouTube yang dibagikan pada unggahan Facebook itu menunjukkan beberapa tengkorak dengan bentuk tulang ubun-ubun yang memanjang, mengingatkan pada wujud alien dalam penggambaran budaya pop.

Murphy menjelaskan, orang-orang kuno di wilayah Peru punya sejarah panjang yang menggunakan teknik pengikatan kepala. Budaya ini membentuk tengkorak manusia menjadi bentuk yang tidak biasa. 

"Pembentukan kepala yang disengaja adalah bentuk modifikasi budaya tubuh yang menandai hal-hal berbeda, seperti identitas seseorang, ritus perjalanan, atau pekerjaan," terang Murphy.

Meski begitu, bukan berarti temuan tengkorak tersebut tidak penting terkait pengetahuan. Para ilmuwan dan arkeolog berencana untuk mempelajari tengkorak tersebut yang saat ini disimpan di National Museum of Archaeology, Anthropology and History of Peru.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Arkeolog Dibuat Bingung Temukan Tengkorak Mirip Alien Viral di Sosmed. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!