Listyo Sigit Prabowo Tanggapi Viralnya Tagar-Tagar untuk Kepolisian
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

ACEH – Semua jajaran kepolisian harus memperbaiki kinerja, baik dalam penegakan hukum maupun pelayanan masyarakat. Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Listyo Sigit mengungkapkan hal tersebut menyusul munculnya tagar-tagar di media sosial untuk Korps Bhayangkara yang bernada negatif, misalnya #satuharisatuoknum dan #percumalaporpolisi.

"Akhir-akhir ini di media sosial yang tentunya ini juga menjadi bagian yang harus kita cermati, karena ini bagian dari tugas dari rekan-rekan untuk mengevaluasi ya, apa yang menyebabkan terjadi fenomena ini," terang Sigit saat pidato dalam kegiatan Rakor Anev Itwasum Polri 2021, Jumat, 17 Desember, dikutip VOI.

Listyo Sigit Prabowo Soroti Fenomena No Viral No Justice

Dalam kesempatan tersebut, Sigit lebih menyoroti munculnya fenomena no viral no justice. Anggapan tersebut memiliki arti upaya penegakan hukum baru akan dilakukan dengan cepat jika suatu kasus telah viral di media sosial.

Fenomena ini sangat mencoreng institusi Polri. Terlebih lagi, hal tersebut berdampak pada anggapan negatif di masyarakat.

"Saat ini muncul fenomena no viral no justice, jadi kalau tidak diviralkan maka hukum tidak berjalan, mereka membuat suatu perbandingan. Bagaimana kasus yang dimulai dengan diviralkan dibandingkan dengan kasus yang dimulai dengan dilaporkan dalam kondisi biasa," kata Sigit.

"Mereka melihat bahwa yang diviralkan kecenderungannya akan selesai dengan cepat. Ini tentunya adalah fenomena yang harus kemudian kita evaluasi, kenapa ini bisa terjadi. Bahkan yang terakhir muncul fenomena tagar #ViralForJustice," lanjutnya.

Polisi Harus Evaluasi

Kapolri meminta seluruh jajarannya segera mengevaluasi kinerja masing-masing. Dengan begitu, semua kasus, baik viral maupun tidak, dapat terselesaikan dengan cepat.

"Fenomena-fenomena ini tentunya menjadi bagian dari tugas rekan-rekan untuk mengevaluasi disisi mana yang masih kurang terkait dengan perjalanan organisasi kita baik secara manajemen atau secara perilaku individu sehingga kemudian ini harus kita perbaiki," tandas Jenderal Sigit.

Artikel ini telah tayang dengan judul Respons Kapolri Jenderal Sigit Soal Tagar di Medsos Hingga Fenomena No Viral No Justice.

Selain respons Listyo Sigit Prabowo terkait tagar untuk kepolisian, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.