4 Hal Privasi dalam Hubungan yang Tidak Harus Dibagikan dengan Pasangan
Ilustrasi pasangan (unsplash)

Bagikan:

ACEH – Setiap hubungan tetap membutuhkan privasi. Yang perlu diingat, menjaga privasi dalam hubungan berbeda dengan tidak terbuka terhadap pasangan.

Anda dan pasangan sama-sama punya hak atas hal-hal yang bersifat pribadi. Bukan berarti harus berbohong atau menyimpan rahasia sendiri, mungkin hanya belum ingin, belum siap, atau belum tepat waktunya untuk membagikannya ke orang lain. Berikut ada beberapa privasi yang sebaiknya tetap dijaga dalam sebuah hubungan cinta.

Hal-Hal Privasi dalam Hubungan yang Perlu Dijaga

1.    Ponsel

Membicarakan privasi tidak akan jauh dari isi ponsel. Ini merupakan benda yang sangat pribadi. Di dalamnya Anda bisa menyimpan foto-foto, kontak orang-orang, catatan penting, aplikasi, dan tentunya pesan atau chat dengan orang lain.

Haruskah pasangan selalu mengecek isi ponsel? Jika tidak percaya atau suka curiga, mungkin jawabannya harus. Tetapi ingat, ini ranah pribadi yang sebaiknya tidak diganggu. Takut pasangan selingkuh? Tanpa tahu isi ponsel pun akan bisa kebongkar kok.

2.    Media sosial

Pasangan juga sebaiknya tidak ikut campur dalam media sosial. Tidak perlu bertukar password, apalagi sampai cek isi direct message. Kalau ia melakukannya, tentu Anda boleh protes dan menolak.

Soal media sosial ini pun perlu dikomunikasikan batasan-batasannya. Sebab, banyak juga drama dalam hubungan yang berasal dari media sosial, misalnya pasangan mengikuti banyak akun-akun lawan jenis, sering memberi like dan komentar di akun lawan jenis, dan sebagainya.

3.    Keuangan

Urusan keuangan pun akan lebih baik kalau tidak saling ikut campur. Kalau memang tidak mau, bukan hal wajib memberi tahu pasangan soal gaji, utang, tabungan, dan tanggungan.

Terlebih lagi, kalau kalian baru pacaran, rasanya kurang pantas menanyakan berapa banyak uang yang pasangan punya? Kecuali memang sama-sama mau terbuka atau kalian sudah akan menuju jenjang pernikahan. 

4.    Masalah keluarga

Masing-masing keluarga punya masalah yang tidak perlu diumbar. Kalau Anda memilih menyimpan cerita ini sendiri, sah-sah saja kok!

Sebenarnya kalau mau diceritakan ke pasangan pun itu hak Anda, mau itu hanya sebagian kecil atau secara detail. Tapi kalau tidak mau pun, seharusnya pasangan yang baik akan mengerti.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Jangan Diganggu, Ini 4 Batasan Soal Privasi dalam Hubungan. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!