Gerhana Bulan Terlihat dari Seluruh Aceh, Umat Islam Diimbau Salat Sunah
Ilustrasi bulan (unsplash)

Bagikan:

ACEH - Gerhana bulan total akan melintasi langit Aceh pada Rabu, 26 Mei, warga diimbau melakukan salat khusuf. Hal tersebut diungkapkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh.

"Gerhana bulan akan terjadi selama lebih kurang lima jam dua menit jika dihitung sejak terjadinya gerhana penumbra dan gerhana total," ungkap Kepala Kantor Kemenag Aceh, Iqbal, di Banda Aceh, dilansir Antara, Rabu, 19 Mei.

Ia menjelaskan, gerhana diperkirakan terjadi sejak pukul 15.47 WIB yang diawali dengan gerhana bulan penumbra.

Selanjutnya, awal gerhana bulan total terjadi pada pukul 18.11 WIB, puncaknya pada pukul 18.18 WIB. Gerhana bulan akan berakhir pada pukul 18.25 WIB. Akhir penumbra terjadi pada pukul 20.39 WIB.

"Berdasarkan informasi dari Tim Falakiyah Kemenag Aceh gerhana ini dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia," terang Iqbal.

Umat Islam Diimbau Salat Sunah Khusuf Selama Gerhana Bulan

Menurut Iqbal, gerhana bulan menjadi bukti kekuasaan Allah Swt. Oleh sebab itu, umat Islam diimbau melaksanakan salat khusuf, memperbanyak zikir, serta amal ibadah yang lain selama gerhana bulan terjadi.

"Jangan kaitkan gerhana bulan dengan kematian, musibah, atau hal buruk lainnya karena gerhana bulan merupakan fenomena alam untuk menegaskan keagungan dan kebesaran Allah," jelasnya.

Kanwil Kemenag Aceh akan terus menyosialisasikan proses terjadinya gerhana bulan dan tata cara ibadah salat sunah khusuf kepada masyarakat di Aceh.

"Salat khusuf dapat dilaksanakan di masjid atau musala, kemudian dilanjutkan dengan sedikit khutbah pada saat gerhana terjadi, dianjurkan setelah shalat maghrib berjamaah," ujarnya.

Sementara, Pakar Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, menjelaskan, karena gerhana terjadi sebelum bulan terbit di sebelah timur, gerhana bisa diamati secara langsung setelah matahari terbenam di seluruh Aceh, arah timur, dari bentuk bulan sabit hingga penuh kembali berbentuk bulan purnama.

"Masyarakat dapat memantau proses terjadinya gerhana dengan cara melihat langsung ke arah timur ketika terbenam matahari," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan pengamatan di lantai tiga gedung Kanwil Kemenag Aceh menggunakan lima teleskop astronomi.

"Pengamatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, hanya petugas saja yang dapat hadir di lokasi. Sementara masyarakat dapat menyaksikannya melalui akun media sosial Kanwil Kemenag Aceh," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Gerhana Bulan Total Bakal Melintasi Langit Aceh pada 26 Mei, Kemenag Aceh: Jangan Kaitkan dengan Musibah. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!