Rekomendasi 4 Makanan Khas Aceh Penggoyang Lidah
Sie reuboh (disparpora.acehbesarkab.go.id)

Bagikan:

Aceh punya banyak kuliner khas yang perlu dicoba, terutama saat berkunjung ke provinsi terbarat Indonesia itu. Makanan khas Aceh rasanya nikmat dan punya keunikan masing-masing, baik dari cita rasa maupun cara pembuatan.

Bagi yang sedang atau akan berkunjung ke Serambi Mekah, catat makanan khas Aceh berikut ini. Mencoba kuliner khas adalah salah satu cara menikmati perjalanan wisata dengan maksimal.

Rekomendasi 4 makanan khas Aceh

1.    Mi Aceh

Ini adalah salah satu kuliner yang paling terkenal di Aceh. Cara penyajian mi Aceh ada dua jenis, yaitu kuah dan goreng, tapi sama-sama bercita rasa pedas.

Mi yang digunakan dalam makanan ini berbentuk seperti spagheti atau mirip dengan mi lidi. Mi ini dicampur dengan berbagai macam rempah khas Aceh, lalu dimasukkan pula taoge dan lauk. Jenis lauknya bisa beragam, seperti daging sapi, seafood, dll.

2.    Sie rebuoh

Dalam bahasa Aceh, sie reuboh memiliki arti ‘daging rebus’. Makanan ini berbahan dasar daging sapi. Daging tersebut direbus dengan santan dan bumbu-bumbu yang lain, seperti bawang putih, bawang merah, merica, cabai rawit, cabai merah, dll.

3.    Sie kameng

Makanan khas Aceh ini mirip dengan gulai kambing. Daging kambing dimasak bersama beberapa rempah. Dalam proses pemasakan, potongan nangka muda turut dimasukkan sehingga menghasilkan masakan yang unik dan menggugah selera.

4.    Ayam tangkap

Makanan khas Aceh yang satu ini dibuat dari ayam kampung. Daging ayam digoreng dengan berbagai jenis rempah dan bumbu, seperti daun pandan, daun kari, daun temurui atau daun salam koja, bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau. Ayam tangkap ciri khasnya berasal dari cabai hijau dan daun temurui yang digoreng hingga kering.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!