Museum Tsunami Aceh, Bangunan Pengingat Ganasnya Alam
Museum Tsunami (disbudpar.acehprov.go.id)

Bagikan:

Museum Tsunami Aceh merupakan museum yang berlokasi di Banda Aceh, Provinsi Aceh yang dibangun untuk mengingat gempa bumi serta tsunami pada 2004. Selain itu, museum ini juga menjadi pusat pendidikan bencana serta tempat perlindungan darurat jika tsunami terjadi lagi.

Struktur museum ini berupa bangunan empat lantai seluas 2.500 m². Dinding bangunannya melengkung lengkap dengan hiasan berupa relief geometris. Dari atas, atapnya seperti gelombang laut.

Ketika memasuki gedung tersebut, pengunjung akan melalui lorong sempit dan gelap di antara dua dinding air tinggi. Hal tersebut akan memberikan suasana mengerikan seperti ketika terjadi tsunami.

Tak hanya tengang tsunami, dinding museumnya juga dihiasi gambar orang-orang yang sedang menari saman. Ini merupakan simbolis dari kekuatan, disiplin, dan religiusitas suku Aceh.

Ada pula tempat untuk mengenang para korban meninggal akibat keganasan tsunami. Nama dari ruangan ini adalah Space of Sorrow atau Sumur Doa. Museum untuk mengingat kejadian mengerikan di Aceh itu berada di Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

Untuk Masuk, pengunjung harus membeli tiket seharga Rp10.000. Jam operasionalnya adalah dari pukul 09. 00 hingga 16.00 WIB.

Monumen Aceh Thanks to the World

Monumen lain yang berkaitan dengan bencana tsunami di Aceh adalah Monumen Aceh Thanks to the World. Ini menjadi simbol ungkapan terima kasih masyarakat Aceh kepada para relawan, lembaga-lembaga negara, LSM, dan semua orang yang telah berpartisipasi dalam pembangunan Aceh setelah mengalami bencana alam tsunami.

Selain itu, monumen ini juga digunakan untuk mengingatkan generasi selanjutkan mengenai ganasnya tsunami ketika itu. Monumen ini memiliki warna putih yang mirip dengan gelombang raksasa.

Terdapat pula plakat yang menjelaskan kehancuran Aceh ketika diterjang tsunami dan 53 “Plakat Thanks You And Peace” yang didedikasikan untuk negara serta masyarakat dunia. Monumen ini berlokasi di lapangan Blang Padang.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!