Ustas Abdul Somad Harap Peringatan 17 Tahun Tsunami Aceh Jadi Pengingat Tobat
Ustaz Abdul Somad (UAS) saat mengisi tausiah peringatan 17 tahun tsunami Aceh (Sumber: Antara)

Bagikan:

ACEH – Beberapa waktu lalu Ustaz Abdul Somad (UAS) mengatakan, peringatan 17 tahun tsunami Aceh merupakan kegiatan untuk berbuat amar makruf nahi mungkar.

"Acara peringatan tsunami adalah salah satu wasilah dari amar makruf nahi mungkar," ungkap Ustaz Abdul Somad di Aceh Besar, Minggu, 26 Desember.

UAS menyampaikan hal tersebut ketika mengisi tausiah peringatan 17 tahun tsunami Aceh di masjid Rahmatullah Lampuuk, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Peringatan 17 Tahun Tsunami Aceh sebagai Pengingat Tobat

Menurutnya, peringatan tsunami tahun ini bukan untuk membuka luka lama. Kegiatan tersebut lebih untuk menasehati diri, terutama dirinnya sendiri, sehingga bisa menjadi pembelajaran untuk berbuat lebih baik.

Dia berharap, semoga peringatan 17 tahun tsunami Aceh mampu memberikan hikmah kepada orang-orang untuk bertobat dan berhenti mabuk-mabukan. Selain itu, orang-orang yang berzina dan melakukan kegiatan maksiat lainnya takut kepada Allah Swt.

UAS juga berpesan kepada para jamaah untuk selalu mengajak orang berbuat baik dan melarang melakukan perbuatan yang mungkar. Jika tidak, lanjut UAS, dikhawatirkan Allah Swt. akan menurunkan hukumannya.

"Ketika hukuman itu datang, kamu beramai-ramai ke tanah lapang, berzikir meminta kepada Allah. Doa kamu tidak dikabulkan kenapa, karena tidak melakukan amar makruf nahi mungkar," terangnya.

Tujuan Peringatan 17 Tahun Tsunami Aceh

UAS menuturkan, jika ada yang bertanya kenapa harus mengulang peristiwa yang sudah berlalu (peringatan), kenapa menyedihkan diri dan mengungkap kembali luka lama, maka dijawab semua ini untuk mengingatkan orang agar tidak berbuat dosa.

"Ini mengingatkan tentang orang yang tetap berani berbuat dosa, orang yang buat maksiat. Kamu semua akan ditanya dan diminta tanggung jawab oleh Allah Swt.," kata UAS.

Dalam kesempatan ini, UAS juga mengajak para jamaah untuk terus bersedekah, minimal sekali sedekah air putih. Karena para almarhum melihat semua perbuatan keluarganya hari ini.

"Semua amal kita hari ini dilihat oleh tiga, yakni Allah Swt., Rasulullah saw. dan para almarhum," kata UAS, seperti dikutip VOI.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ustaz Abdul Somad dalam Peringatan 17 Tahun Tsunami: Mudah-mudahan Dapat Memberi Hikmah Agar Orang Bertaubat.

Selain Ustaz Abdul Somad dalam peringatan 17 tahun tsunami Aceh, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.