Hari Kemerdekaan Indonesia, Jokowi Ajak Semua Pihak Bersatu Dukung Agenda Menuju Indonesia Maju
Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

Bagikan:

ACEH - Demi Indonesia maju, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak semua pihak bersatu mendukung agenda besar negara. Jokowi menyampakan hal tersebut melalui akun Instagramnya, @jokowi, Rabu, 17 Agustus. Dalam unggahan tersebut dia menyampaikan ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia.

"Mari bersatu padu mendukung agenda besar pencapaian Indonesia Maju dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas," ungkap Jokowi dalam unggahannya, dikutip VOI.

"Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Dirgahayu Republik Indonesia!" lanjutnya.

Kepercayaa Internasional Jelang Kemerdekaan Indonesia

Sebelumnya, dalam pidato kenegaraan yang digelar pada Selasa, 16 Agustus di Gedung DPR RI, Jokowi sudah memamerkan beberapa capaian pemerintah. Salah satu yang disampaikan adalah soal tingkat kepercayaan internasional kepada Indonesia yang semakin tinggi. 

"Kekuatan keempat adalah kepercayaan internasional yang meningkat tajam," kata Jokowi, Selasa, 16 Agustus.

Jokowi memberikan contoh kepercayaan yang dia maksud, yaitu Indonesia diterima oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian. Padahal, saat itu geopolitik di kedua negara itu sedang panas.

Kemudian, Indonesia juga dipercaya PBB sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global. Pada tahun 2022 Indonesia menjadi Presiden G20, organisasi 20 negara ekonomi terbesar di dunia. Tahun depan, menjadi Ketua ASEAN.

"Artinya, kita berada di puncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerja sama internasional," ujarnya.

Investasi di Indonesia

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan kepercayaan besar dari masyarakat internasional juga bisa dirasakan di dalam negeri. Saat ini, Jokowi menyatakan pemerintah terus melakukan reformasi struktural untuk daya saing dan iklim berusaha.

Kemudian, pemerintah juga memperbaiki ekosistem investasi dan pertumbuhan UMKM. Hasilnya, hilirisasi dan manufaktur di dalam negeri terus tumbuh pesat. Pertumbuhan investasi juga meningkat tajam, di mana 52 persen di antaranya, berada di luar Jawa.

"Artinya, ekonomi kita bukan hanya tumbuh pesat, tetapi juga tumbuh merata, menuju pembangunan yang Indonesia Sentris," tutur Jokowi.

 
Selain berita kemerdekaan Indonesia, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.