Ditanya Soal Pilpres 2024, Jokowi: "Ojo Kesusu"
Joko Widodo (Twitter/@jokowi)

Bagikan:

ACEH - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta relawan pendukungnya di Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi tak terburu-buru mengambil sikap terkait pilpres 2024. Ia meminta para relawan mengamati terlebih dahulu.

"Saya menyarankan kepada para relawan untuk mengamati dulu. Jangan tergesa-gesa! Ojo kesusu! Mari kita pelajari bersama konstelasi politik. Kita pelajari bersama peta politik yang baik," terang Jokowi, seperti pada video unggahan Seknas Jokowi, Minggu, 13 Juni.

"Nanti pada saatnya saya akan berbicara. Saya akan menyampaikan ke mana kapal besar relawan Jokowi ini kemudinya akan kita arahkan," tambah Jokowi.

Jokowi mengaku telah tahu bahwa sudah banyak pihak yang menarik relawannya untuk kepentingan pilpres 2024. Akan tetapi, ia tak memerinci siapa saja pihak yang ia maksud tersebut.

"Sekarang saja sudah ada relawan Jokowi yang ditarik-tarik untuk mendukung si A, ada yang dirayu untuk mendukung si B, dan dirangkul si C, dan sebagainya. Tapi masih banyak lagi relawan yang menunggu," lanjutnya.

Relawan Jokowi Diminta Bersabar Terkait Pilpres 2024

Jokowi mengatakan, ia tak heran jika para relawannya, termasuk Seknas Jokowi, akan jadi rebutan untuk kepentingan pilpres 2024. Mengingat, relawan tersebut telah berhasil menjadikannya Presiden RI, bahkan untuk dua periode.

Ia meminta para relawan untuk bersabar. Ia juga menyinggung telah banyak relawan yang bertanya, ke mana dukungannya untuk pilpres mendatang.

"Saya banyak ditanya oleh relawan Jokowi di mana-mana. Mereka bertanya kepada saya, 'pak, apa arahan bapak kepada kami menghadapi pilpres 2024', kemudian bertanya lagi, 'apa yang harus kita lakukan', lalu pertanyaan berikutnya 'masa kita diam saja, Pak?'," jelas Presiden Jokowi.

"Di kesempatan yang baik ini saya ingin sampaikan, sabar. Sabar. Sabar dulu. Tidak usah tergesa-gesa, enggak usah grusa-grusu," tegas Jokowi.

Dari pada membicarakan soal pilpres 2024 yang dianggapnya masih jauh, Jokowi meminta relawannya untuk membantu pemerintah mengatasi pandemi COVID-19 yang disertai dengan krisis kesehatan dan krisis ekonomi.

Menurutnya, saat ini kesehatan dan keselamatan masyarakat lebih utama. Sehingga Indonesia menjadi negara yang tangguh dalam menghadapi pandemi dan menumbuhkan ekonomi. 

"Saya juga menaruh harapan besar kepada Seknas Jokowi untuk ikut mengawal agenda strategis nasional menuju Indonesia Maju karena itu adalah legasi yang ingin kita berikan kepada masyarakat bangsa dan negara," kata Jokowi.

"Kita ingin negara kita dikenal bukan hanya sebagai indonesia yang tangguh tapi juga indonesia yang tumbuh maju sebagai pemenang," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Relawan Mulai Bertanya soal Pilpres 2024, Jokowi: Ojo Kesusu! Pada Saatnya Saya Bicara. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!