Rekomendasi 5 Destinasi Menarik di Pulau Komodo yang Harus Anda Kunjungi
Ilustrasi destinasi di Pulau Komodo kawasan Taman Nasional Komodo (Unsplash/Fajruddin Mudzakkir)

Bagikan:

ACEH - Pulau Komodo adalah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Keindahan alam di pulau ini tak hanya dikenal oleh warga setempat, tetapi juga oleh warga dunia. Jika liburan ke sana, ada destinasi menarik di Pulau Komodo yang harus dikunjungi.

Beberapa waktu pulau yang memiliki satwa langka ini lalu ramai dibicarakan. Ini terkait rencana kenaikan tarif wisata ke Pulau Komodo, menjadi Rp3,75 juta. Namun, pada Rabu, 10 Agustus, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menjelaskan bahwa kenaikan tarif akan ditunda hingga tahun 2023. Hal ini dilaksanakan untuk menampung aspirasi publik.

Pada Agustus hingga Desember 2022, tarif masuk ke Pulau Komodo sebagai kawasan Taman Nasional Komodo masih mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomer 12 Tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Kehutanan, yaitu Rp150 ribu.

Nah, jika Anda telah memiliki agenda untuk liburan di pulau tersebut, lakukan persiapan jauh-jauh hari. Selain itu, Anda juga harus mengetahui spot-spot yang akan dukunjungi sebelum berangkat. Berikut ini VOI sampaikan beberapa spot menarik yang harus Anda datangi saat berlibur ke Pulau Komodo 

Destinasi Menarik Pulau Komodo yang Harus Anda Kunjungi

1. Pulau Padar

Pulau Padar ialah pulau ketiga selain Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang secara administratif masuk dalam Kecamatan Komodo. Pulau Padar dan Pulau Komodo dipisahkan Selat Lintah. Nah, Pulau Padar tidak dihuni oleh ora atau komodo. Menariknya lagi, Anda perlu sedikit berkeringat untuk menjelajahi dataran yang tak terlalu luas ini. Bukit-bukit kecil dengan vegetasi rendah terlihat cantik di dataran paling tinggi.

2. Giri Laba

Giri Laba atau Giri Lawa merupakan dataran kecil yang dibatasi pantai indah. Lautan biru terlihat membentang luas dengan titik-titik kecil penanda kepulauan. Bagi Anda yang menyukai tracking, siapkan energi dan pakai alas kaki yang nyaman untuk menikmati dataran indah dari ketinggian.

3. Pulau Rinca

Vegetasi di Pulau Rinca mirip seperti di Pulau Padar. Tetapi berbeda dengan Pulau Komodo yang mayoritas ditumbuhi pohon tinggi. Di Pulau Rinca, lebih banyak savana, yang mana kawasan ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1991.

Uniknya di pulai ini, meski jadi habitat komodo juga dihuni oleh warga lokal yang terletak di dua perkampungan, yaitu Kampung Rinca dan Kampung Karora. Dari Labuan Bajo menuju Pulau Rinca membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dengan perahu atau kapal.

4. Batu Bolong

Masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Pulau Komodo, spot diving Batu Bolong termasuk destinasi yang wajib dikunjungi. Batu Bolong merupakan nama pulau batu kecil yang terletak antara selat Pulau Tatawa dan Komodo. Di lokasi ini, taman bawah laut yang indah dapat dinikmati.

5. Pink Beach

Fenomena alam memang benar-benar memesona, salah satunya Pink Beach yang terletak di Pulau Komodo. Pantai ini menjadi salah satu dari tujuh pantai paling indah di dunia. Pantai dengan pasir berwarna merah muda ini, terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, NTT.

Artikel yang lebih lengkap berudul Berkunjung ke Pulau Komodo, Ini 5 Spot yang Wajib Disinggahi.

Selain destinasi menarik di Pulau Komodo, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.