Kerja Sama Rusia-Korea Utara Akan Diperkuat, Putin Kirim Surat ke Kim Jong-un
Kim Jong-un bersama Vladimir Putin. (Wikimedia Commons/The Presidential Press and Information Office/Kremlin.ru)

Bagikan:

ACEH - Kerja sama Rusia-Korea Selatan akan diperkuat. Beberapa waktu lalu Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan kepada Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, bahwa hubungan bilateral kedua negara yang komprehensif dan konstruktif akan diperluas, sebut media pemerintah KCNA pada Senin.

Dalam surat yang dikirim oleh Putin kepada Kim pada Hari Pembebasan Korea, Presiden Rusia itu mengatakan bahwa hubungan yang lebih erat akan menjadi kepentingan kedua negara. Disampaikan pula sial membantu memperkuat keamanan dan stabilitas Semenanjung Korea, serta kawasan Asia Timur Laut, lapor KCNA, seperti dikutip VOI dari Reuters 15 Agustus.

Kerja Sama Rusia-Korea Utara sejak Lama

Kim juga mengirim surat kepada Putin, menyebut persahabatan Rusia-Korea Utara telah terjalin dalam Perang Dunia II dengan kemenangan atas Jepang, yang sebelumnya menduduki Semenanjung Korea.

"Kerja sama strategis dan taktis, dukungan dan solidaritas" antara Rusia dan Korea Utara telah menginjak tingkat baru, adalah upaya bersama kedua negara untuk menggagalkan ancaman dan provokasi dari pasukan militer yang bermusuhan, kata Kim Jong-un dalam surat tersebut.

KCNA tidak mengidentifikasi kekuatan musuh yang dimaksud, tetapi biasanya menggunakan istilah itu untuk merujuk pada Amerika Serikat dan sekutunya.

Kim Jong-un memperkirakan, kerja sama antara Rusia dan Korea Utara akan tumbuh berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani pada 2019, yaitu saat kedua pemimpin tersebut bertemu.

Korea Utara Mendukung Rusia

Diketahui, Korea Utara mengakui dua 'republik rakyat' yang memisahkan diri dan didukung Rusia di Ukraina timur sebagai negara merdeka Juli lalu, Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk, dengan para pejabat meningkatkan prospek pekerja Korea Utara dikirim ke daerah tersebut untuk membantu dalam konstruksi dan tenaga kerja lainnya.

Sebagai respons Ukraina, yang menolak invasi Rusia sebagai operasi militer khusus, segera memutuskan hubungan dengan Pyongyang atas tindakan tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul Saling Kirim Surat, Vladimir Putin dan Kim Jong-un Puji Kerja Sama Rusia-Korea Utara.

Selain kerja sama Rusia-Korea Utara, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.