Kim Jong Un Beri Penghormatan kepada Pendiri Negara di Makam
Kim Jong Un dan istrinya, Ri Sol Ju (Antara)

Bagikan:

Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara (Korut) memberikan penghormatan di makam kakenya, Kim Il Sung, pada Kamis, 15 April. Penghormatan tersebut dilakukan untuk memperingati ulang tahun sang pendiri negara tersebut.  

Media resmi Korut, KCNA, melaporkan bahwa Kim Jong Un bersama istrinya, Ri Sol Ju, juga sempat menonton pertunjukan lagu dan tarian di Istana Matahari Kumsusan, tempat ayah dan kakeknya dibaringkan, dalam perayaan hari libur nasional.

"Ketika pertunjukan selesai, penonton kembali bersorak-sorai untuk Sekretaris Jenderal (Kim Jong Un)," lapor KCNA, seperti dikutip dari Reuters, Jumat, 16 April.

Korea Utara absen dari Olimpiade Tokyo

Tidak hadirnya Kim Jong Un dalam peringatan tahun lalu menimbulkan spekulasi publik mengenai kondisi kesehatannya. Tak sedikit laporan yang muncul mengenai kondisi kesehatannya, tetapi belum dikonfirmasi.

Berdasarkan laporan KCNA, tahun ini Kim Jong Un datang ke istana bersama para pejabat senior Korea Utara dan saudara perempuannya, Kim Yo Jong.

Mengenai hal lain, awal April ini, Korut mengatakan bahwa mereka tidak ikut serta dalam Olimpiade Tokyo karena khawatir terhadap penularan COVID-19. Pemerintah Korut mengatakan bahwa negara tersebut tidak punya kasus COVID-19.

Tidak hadirnya Korut dalam Olimpiade Tokyo cukup disayangkan oleh Korea Selatan (Korsel). Ajang tersebut sedianya bisa menjadi katalisator untuk kembali menghidupkan perundingan damai.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!