Wamendagri Sebut Aceh dan Papua Adalah Kekuatan Besar Indonesia Raya
Wamendagri John Wempi Wetipo (berkaus merah)/FOTO ANTARA

Bagikan:

ACEH - Provinsi Aceh dan Papua adalah kekuatan besar negara Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Wetipo. 

"Kita ini adalah kekuatan besar, Papua dan Aceh adalah kekuatan besar untuk Indonesia raya," terang John di Banda Aceh, Sabtu, 13 Agustus, dikutip VOI dari ANTARA.

Persoalan Saat Ini Bukan GAM di Aceh dan OPM serta KKB di Papua 

Dia menjelaskan hal tersebut saat memberikan sambutan dalam pelaksanaan kegiatan gerakan pembagian 10 juta bendera untuk menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Banda Aceh, Provinsi Aceh.

John mengatakan, banyak yang mengatakan di Papua ada Organisasi Papua Merdeka (OPM) dan kelompok kriminal bersenjata (KKB), sedangkan di Aceh ada Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Meski demikian, masalah hari ini bukan lagi hal tersebut, melainkan negara Indonesia.

"Saat ini bukan lagi soal OPM atau GAM, melainkan ini soal merah putih, dan merah putih yang ada hanya satu (NKRI). Matahari itu sumbernya dari timur, dan terbenamnya di sini," terangnya.

John menegaskan pihaknya tidak memiliki keraguan sedikit pun komitmen masyarakat Aceh terhadap bangsa dan negara Indonesia. Terbukti dengan kesediaannya pada hari ini berkunjung ke Tanah Rencong.

"Saya tidak meragukan. Makanya, saya ada di Aceh hari ini. Kalau saya ragu-ragu tidak mungkin ada di sini (Banda Aceh)," katanya.

Kekhususan di Aceh dan Papua

Dengan kebijakan khusus, kata John, Aceh dan Papua telah diberikan kekhususan atau lex specialis, otonomi khusus untuk rakyat dari dua provinsi ujung Indonesia ini.

"Artinya, Negara memberikan kesempatan pada Aceh dan Papua untuk bisa menikmati pembangunan yang lebih baik," sambung John.

Artikel ini telah tayang dengan judul Wamendagri: Aceh dan Papua Kekuatan Besar Indonesia.

Selain Aceh dan Papua, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.