Cara Membersihkan Sneaker Berbahan Kanvas agar Tahan Lama
Ilustrasi (Pixabay/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Anda mungkin punya sepasang atau beberapa pasang sepatu berbahan kanvas. Sepatu jenis ini berkesan lebih santai sehingga bisa digunakan untunk sehari-hari. Namun, tak sedikit orang yang melakukan kesalahaan dalam membersihkan sneaker berbahan kanvas. 

Sepatu berbahan kanvas harus dirawat dengan baik dan benar agar bisa tahan lama atau tidak mudah rusak. Dikutip VOI dari Byrdie, berikut adalah lima cara merawat sepatu kanvas dengan mudah.

Cara Membersihkan Sneaker Berbahan Kanvas agar Awet

Bersihkan noda lumpur

Jika sepatu Anda terkena lumpur, tunggu sampai kering sebelum dibersihkan. Anda bisa menghilangkan kotoran yang terlepas dengan memukulkan sepatu tersebut ke trotoar atau dengan mengetukkan sol sepatu ke tempat sampah atau lantai dengan alas koran. Lap sepatu kets dengan kain lembab untuk menghilangkan sisa kotoran yang menempel, lalu lepaskan talinya.

Gunakan sikat gigi dan kain nilon

Jika Anda ingin mencoba menghilangkan bekas lecet, mulailah dengan membilas sepatu menggunakan air hangat pada bagian dalam dan luar. Kemudian gosok bagian luar, bagian dalam, dan lapisan sepatu kanvas dengan lembut menggunakan sikat gigi dan campuran air dan deterjen ringan. 

Setelah itu, bilas sepatu dengan air dingin. Jika bekas masih membandel, Anda bisa menggosoknya secara lembut menggunakan bantalan nilon sambil dibilas. Dan jika masih tercium bau kaki, Anda bisa menggosoknya dengan pasta soda kue dan air.

Sneaker putih bisa dibersihkan dengan air dan pemutih, dengan perbandingan 1:5. Untuk sepatu berwarna, pastikan melakukan tes titik kecil terlebih dahulu untuk memastikan tidak memudar atau memutihkan warna sepatu Anda. Jika sepatu punya detail kulit, basahi sepatu dan bersihkan kanvas sesuai petunjuk, lalu gunakan pembersih kulit pada bagian kulit mana pun.

Bersihkan tali dengan mencuci

Tali sepatu yang kotor akan terlihat sangat kontras dengan sepatu kets Anda yang baru dibersihkan. Anda bisa mencuci tali sepatu seperti biasa layaknya mencuci pakaian. Agar makin bersih, Anda bisa merendam tali sepatu di rendaman air deterjen selama 15 menit sebelum dicuci. Jika noda tak kunjung hilang, gunakan sikat gigi untuk membersihkan noda membandel.

Isi bagian dalam sepatu dengan kertas

Tips selanjutnya adalah soal pengeringan. Setelah selesai mencuci, buang kelebihan airnya. Kemudian, untuk membantu menyerap kelembapan ekstra dan mempertahankan bentuknya, isilah dengan kantong kertas cokelat kusut, handuk kertas, atau kertas putih. Jangan gunakan koran atau kertas berwarna sebab tinta akan berpindah dan menodai sepatu. 

Selanjutnya, sisihkan sepatu kets agar kering di udara, dan pastikan untuk tidak mengeringkannya di dekat perapian atau pemanas. Sumber panas langsung dapat merusak kain kanvas dan menyebabkannya menjadi kering dan rapuh.

Gunakan semir sepatu pada noda membandel

Jika sepatu sudah kering dan Anda masih melihat sedikit noda, coba oleskan cairan semir sepatu khusus berwarna putih. Disarankan untuk menyemprot bagian atas sepatu kanvas baru dengan kain sebelum Anda memakainya. Ttapi pertama-tama, intip petunjuk perawatan yang disertakan dengan sepatu kets untuk memastikan ini tidak merusaknya.