Tips Membersihkan Rumah dengan Efektif dan Efisien
Ilustrasi (Volha Vlaxeco/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Sebagian besar orang menyukai rumah yang bersih. Namun, hanya beberapa orang yang suka membersihkan rumah. Bagi Anda yang ingin membersihkan rumah, tetapi kurang tahu strateginya, ada tips membersihkan rumah secara efektif dan efisien. 

Beberapa orang bingung, apakah mau menyapu lantai terlebih dahulu atau membersihkan debu di perabot terlebih dahulu. Ada juga yang bingung, ruangan mana yang sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Disadur VOI dari Nationwide, berikut  tips membersihkan rumah yang bisa Anda coba.

Tips Membersihkan Rumah secara Efektif dan Efisien

Tentukan urutan pembersihan 

Membersihkan rumah akan lebih efisien jika Anda memilih satu tugas terlebih dahulu, baru melakukan jenis pembersihan kemudian. Urutkan juga sesuai kebutuhan dan keadaan.  

Sebagia contoh, Anda bisa membersihkan debu yang menempel terlebih dahulu di semua bagian ruangan rumah, kecuali dapur dan kamar mandi. Setelah itu, Anda bisa melakukan penyapuan atau penyedotan debu. Jika ingin lebih bersih, Anda bisa melakukan pengepelan.

Kumpulkan semua alat pembersih 

Setelah tahu apa yang ingin dilakukan, kumpulkan semua alat yang dibutuhkan dalam satu tempat. Ini akan membuat waktu Anda tidak terbuang dan menghindari kebingungan. Terkadang, waktu terbuang percuma karena mencari alat yang akan digunakan. 

Perhatikan tempat paling berdebu

Sebelum Anda mulai membersihkan debu pastikan untuk mematikan kipas. Perhatikan debu di bagian atas furnitur dan bagian bawah rak, di bingkai foto, pernak pernik, dan layar TV. Untuk area yang sulit dijangkau seperti tirai dan rak atas, ikat kain mikrofiber ke ujung kain pel atau sapu. Ganti seprai di kamar tidur sebelum Anda menyedot debu.

Lap cermin dan kaca

Tips selanjutnya, gunakan satu kain mikrofiber basah dan satu kain kering untuk membersihkan semua cermin dan permukaan berbahan kaca.

Semprot cairan desinfektan ke permukaan benda

Bersihkan permukaan yang keras, seperti meja, berbagai peralatan, lemari, kenop pintu, sakelar lampu, remote TV, dan telepon. Lakukan desinfektan ke beberapa permukaan tersebut, terutama yang mungkin menyebarkan kuman. Buat larutan desinfektan tidak beracun dengan mencampurkan seperempat hingga setengah cangkir cuka apel atau cuka putih dengan secangkir air.

Sapu, kemudian pel

Sapu seluruh lantai ruangan kemudian pel. Mulailah mengepel dari sudut terjauh ruangan dan bergerak mundur menuju pintu. Bilas pel setiap kali Anda menyelesaikan area berukuran 4 kali 4 kaki.