Tips Mencegah Jerawat Hormonal Datang Menyerang
Ilustrasi cara mengatasi jerawat hormonal (Pexels/Anna Nekrashevich)

Bagikan:

ACEH - Jerawat hormonal adalah hal yang kadang tak bisa dihindari oleh perempuan saat siklus hormonal tiap bulan. Namun, hal ini juga bisa dialami oleh laki-laki. Terlepas dari jenis kelamin, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat hormonal datang mengganggu penampilan Anda. 

Jerawat ini bisa muncul karena adanya perubahan yang signifikan pada hormon. Perubahan hormon tak hanya menyebabkan perubahan produksi sebum oleh kelenjar sebaceous, tetapi juga membuat ketahanan tubuh terhadap bakteri berubah. Jadi, ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan agar kesehatan kulit tetap terjaga sehingga jerawat tidak muncul meski hormon berubah.

Cara Mencegah Jerawat Hormonal Datang 

1. Hindari makanan olahan dengan proses berlebihan

Cara terbaik untuk mencegah jerawat adalah mengonsumsi clean food. Anda perlu mengurangi konsumsi gula, tepung putih, lemak terhidrogenasi, dan makanan olahan yang mengandung banyak minyak. Cobalah mengonsumsi makanan utuh sebab tak hanya bermanfaat untuk kulit, tetapi juga kesehatan secara menyeluruh.

2. Pakai pembersih yang mengandung bahan aktif tertentu

Perawatan kulit juga dibutuhkan. Cek kalender Anda terkait siklus bulanan, atau siklus menstruasi, dan cegah dengan menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat atau krim benzoil peroksida. Kedua bahan aktif ini bisa Anda temukan di berbagai produk untuk mengatasi jerawat.

Paling penting lagi, rutin membersihkan wajah dua kali sehari, pada pagi hari dan penutup hari sebelum istirahat. Ditambah lagi, cuci wajah hingga bersih setelah beraktivitas yang banyak mengeluarkan keringat. Tujuannya, mengangkat kotoran, debu, dan keringat yang menempel sebagai pemicu jerawat.

3. Tambah suplemen untuk kulit

Banyak suplemen yang membantu mendapatkan kulit sehat dan tangguh. Anda bisa menambahkan spirulina, klorofil, seng, dan minyak ikan. Kandungan suplemen tersebut dikenal membantu mengisi lipid, mengontrol minyak, dan detoksifikasi kulit.

4. Jaga kebersihan

Dikutip VOI dari All Womens Talk, cara menjaga kebersihan mungkin sangat mudah. Tetapi tidak secara langsung berkaitan dengan mencegah jerawat. Bisa dibayangkan, jika Anda tak sering mengganti handuk, padahal handuk bisa menyerap kotoran maupun bersifat lembap setelah menyeka tubuh yang basah. Jadi, masuk akal jika Anda perlu mengganti handuk setidaknya dua minggu sekali.

Sementara, mengganti sprei dan sarung bantal, juga perlu dilakukan rutin. Ditambah lagi, biasakan untuk mencuci tangan baik sebelum atau sesudah menyentuh wajah.

5. Minum teh hijau

Teh hijau punya manfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Bahkan minuman ini dapat memperbaiki kulit, seperti mengurangi peradangan, penjaga keseimbangan hormon, menyeimbangkan kadar insulin yang tidak stabil. Dan semua manfaat tersebut berkontribusi dalam mencegah jerawat.

6. Minum minuman probiotik

Pada sejumlah kasus, orang yang sering jerawatan memiliki kadar asam lambung yang rendah. Efeknya menempatkan pada risiko ketidakseimbangan bakteri di usus. Oleh karena itu, minum probiotik dapat membantu mengatur bakteri dan mengurangi kadar sebum untuk mengobati jerawat.

7. Temui dokter kulit

Jika jerawat hormonal tak teratasi dengan kebiasaan baik dan perawatan sederhana, ada perlunya Anda menemui dermatologis atau dokter kulit. Dokter dapat membantu dengan memberikan resep perawatan kulit.