Dugaan Korupsi Pembebasan Lahan TPA Diusut, Penyidik Kejari Sabang Tinjau Lokasi
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

ACEH - Belum lama ini Kejaksaan Negeri (Kejari) Sabang mulai melakukan pengusutan terhadap kasus dugaan korupsi pembebasan lahan tempat pembuangan akhir (TPA) Lhok Batee di Gampong Cot Abeuk, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Tim penyidik Kejari Sabang memeriksa lokasi TPA terkait dugaan korupsi pembebasan lahan dengan pagu anggaran sekitar Rp4 miliar pada 2020 di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK).

"Pemeriksaan lokasi TPA ini dimaksudkan untuk melengkapi alat bukti dalam penyidikan,” terang Kepala Kejari Sabang, Choirun Parapat, dikutip VOI dari ANTARA, Kamis, 30 Juni.

Pemeriksaan Lokasi Dugaan Korupsi Pembebasan Lahan TPA Sabang

Tim penyidik Kejari Sabang mulai melakukan penyidikan pada 16 Maret 2022. Pemeriksaan lokasi secara langsung dilakukan untuk mengecek jumlah dan jenis tanaman yang telah mendapatkan ganti rugi, di luar objek tanah seluas 19.851 meter persegi itu.

Choirun mengatakan bahwa pembebasan lahan TPA itu menggunakan anggaran pemerintah Kota Sabang sekitar Rp4 miliar. Berdasarkan bukti-bukti awal, lanjut dia, Kejari Sabang menemukan indikasi mark up (penggelembungan anggaran) dalam pembebasan lahan tersebut.

"Tim jaksa penyidik Kejari Sabang tetap profesional dalam bekerja dan dalam waktu secepatnya segera menentukan siapa tersangka yang patut dimintai pertanggungjawaban atas kasus tersebut," katanya.

17 Saksi Diperiksa

Selain itu, Kepala Seksi Intelijen Kejari Sabang, Jen Tanamal, menjelaskan bahwa penyidik telah memeriksa 17 saksi. Pihaknya juga telah menemukan bukti tambahan berdasarkan hasil sementara pemeriksaan lapangan.

"Dengan ditemukan bukti tambahan maka yang makin memperkuat dugaan adanya perbuatan melawan hukum pidana yang dapat merugikan negara dalam kasus ini," katanya.

Pemeriksaan lokasi pembebasan lahan itu dipimpin langsung oleh Kajari Sabang bersama tim Dinas Pertanian dan Pangan, Badan Pertanahan Negara (BPN), Dinas LHK, serta auditor Kota Sabang.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kejari Usut Dugaan Korupsi Pembebasan Lahan TPA di Sabang Aceh.

Selain dugaan korupsi pembebasan lahan TPA, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.