Pencarian Alternatif Ganja untuk Keperluan Medis
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - Pada prinsipnya, anggota Komisi IX DPR, Suir Syam, sepakat bahwa zat aktif yang ada di dalam tanaman Cannabis sativa atau ganja digunakan sebagai obat penyakit tertentu. Namun, dia menilai perlu ada penelitian terhadap bahan lain yang manfaatnya sama dengan ganja sebagai alternatif ganja untuk obat.

Dia mengatakan, alternatif bahan lain ini dibutuhkan agar penggunaan ganja untuk keperluan medis tidak disalahgunakan. 

"Kalau zat aktif dalam ganja satu-satunya untuk obat saya setuju. Tapi kalau ada gantinya sebaiknya jangan, karena bisa disalahgunakan," terang Suir Syam ketika dihubungi VOI, Rabu, 29 Juni. 

Pencarian Alternatif Ganja untuk Medis

Dia menjelaskan, pihaknya masih mempelajari apakah ada bahan lain yang memiliki manfaat sama dengan ganja untuk pengobatan penyakit tertentu, misalnya cerebral palsy. 

"Itu yang sedang kita pelajari," kata Suir Syam. 

Sebelumnya, DPR RI telah menyatakan akan mengkaji legalitas penggunaan ganja untuk medis. Komisi III DPR bahkan sudah menjadwalkan RDP untuk meminta masukan dan para ahli kesehatan untuk mengatur soal ganja medis. 

Sementara Komisi IX DPR ditugasi pimpinan DPR untuk berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan para ahli dibidang kedokteran.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cari Alternatif, Komisi IX DPR Pelajari Bahan Lain yang Manfaatnya Sama dengan Ganja.

Selain alternatif ganja, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.