Film "KKN di Desa Penari" Raih Rekor Penonton, Sutradara Ungkap Rahasia Kesuksesan
FIlm KKN di Desa Penari (MD Pictures)

Bagikan:

ACEH - Film KKN di Desa Penari telah ditonton oleh 3.014.079 penonton dalam 9 hari. Ini merupakan rekor tertinggi sejak bioskop kembali dibuka setelah pandemi COVID-19 melanda Indonesia. Sutradara KKN di Desa Penari, Awi Suryadi, mengungkap rahasia kesuksesan film yang merupakan bentuk alih wahana dari novel yang juga merupakan alih wahana dari utas di Twitter tersebut.  
 
Awi memilih untuk setia kepada cerita yang dibangun oleh SimpleMan, penulis utas dan novel KKN di Desa Penari. Dia tidak berusaha menambahkan ataupun mengurangi cerita dari kisah tersebut.
 
"Hampir bisa dibilang tidak ada yang diubah dari threat-nya. Kalaupun diubah cuma kayak mikirin timeline. Karena film kan ada durasi yang harus diikuti untuk penayangan di bioskop. Tapi penggemar ceritanya nggak bakal kecewa karena kita mengikuti blue print cerita aslinya," terang Awi saat bertandang ke redaksi VOI beberapa waktu lalu.

Pembuatan Film KKN di Desa Penari

Film tersebut dibuat dengan awal yang serius, yaitu mencari lokasi yang sangat mirip dan alami seperti cerita di Twitter. Tim tidak mendapatkan izin di lokasi yang asli sehingga Awi memboyong ratusan kru dan pemain ke Yogyakarta. 
 
"Tadinya kita pikir syuting paling di daerah Bogor dan sekitarnya. Tapi kalau mengikuti cerita saya pikir nggak bakal dapat kalau di Jakarta atau Bogor dan sekitarnya. Jadi saya bilang ke MD untuk mencari lokasi yang pas. Dari awal Simple Man sudah memberi tahu kita nggak bisa syuting di lokasi aslinya karena dia juga sudah ditegur oleh kepala adat sana karena ini sesuatu yang sebenarnya nggak pengin diungkit lagi," terang Awi.

Lokasi Asli KKN di Desa Penari Tak Lagi Sama

Namun, untuk gambaran, Awi tetap mendatangi lokasi asli cerita KKN di Desa Penari. Lokasi aslinya sudah berubah dan tidak seperti yang digambarkan dalam utas Twitter.
 
"Kalau sekarang lokasinya sudah jauh berubah ya dari cerita. Lokasi sudah maju, akhirnya nggak mungkin di lokasi asli juga. Akhirnya hunting-lah ke Jogja," tutur Awi.
 
 
Selain film KKN di Desa Penari, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.