Sandiaga Uno Apresiasi Capaian Penonton Film "Makmum 2"
Film Makmum 2 (IG/@deecompany)

Bagikan:

ACEH - Film Makmum 2 tak berhenti hanya di rekor MURI sebagai film Indonesia pertama yang meraih 1 juta penonton pada masa pandemi. Film horor ini masih terus menambah jumlah penontonnya. Usai 23 hari tayang, Makmum 2 memperoleh 1.508.994 penonton.

Ini mendapatkan apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Dia mengucapkan selamat secara langsung kepada Produser Dee Company, Dheeraj Kalwani, dan Titi Kamal yang menjadi pemain utama. Ucapan tersebut diungkapkan dalam siaran live Instagram.

Ucapan Selamat Sandiaga Uno Terkait Film Makmum 2

"Selamat atas pencapaiannya. Apakah dari awal sudah berfikir akan sesukses ini?" kata Sandi pada Minggu, 23 Januari, dikutip VOI.

"Ini di atas bayangan saya. Karena awalnya 800 ribu seperti yang pertama itu sudah bagus, kondisinya pandemi," ungkap Dheeraj Kalwani.

Titi Kamal juga merasakan hal serupa. Pandemi menjadi alasan dia berpikir demikian. Bagi dirinya, capaian film Indonesia ini seperti keajaiban.

"Sangat jarang ya Pak film sekuel ini penontonnya lebih banyak dari yang pertama. Jadi saya awalnya mikir 800 ribu seperti yang pertama itu berat karena kondisinya pandemi. Ternyata ini bisa 1,5 juta penonton, buat saya ini seperti magic," ujar Titi.

Dheeraj mengatakan, syuting selama 29 hari pada masa pandemi membuat produksi harus mengeluarkan biaya yang lebih besar. Kenaikannya bisa mencapai 20 hingga 30 persen untuk biaya tes PCR.

"20-30% ya naiknya dari syuting biasanya. Ini syuting 29 hari dan harus PCR berkali-kali. Biaya syutingnya naik signifikan. Dengan 180 kru dan pemain yang terlibat, karantina dilakukan dalam satu hotel selama syuting di Garut," ujarnya.

Pemain dan Kru Film Makmum 2 Dapat Jaminan Kesehatan

Titi Kamal mengapresiasi Dee Company yang memberikan jaminan kesehatan kepada para pemain dan kru.

"Saya ada beberapa kali pulang ke rumah. Kita yang dari luar harus PCR lagi. Kita syuting saling jaga, semua di satu hotel seperti karantina jadi aman, sehat semua sampai syuting berakhir nggak ada masalah," kata Titi.

Mengetahui fakta tersebut, Sandy antusias. "Wow, naik 20% untuk kesehatan bersama, tentu ini perlu diapresasi. Syuting melibatkan 180 kru dan pemain sehingga perlu diperhatikan karena industri perfilman menciptakan lapangan kerja yang besar. Selamat dan terimakasih, kami mengangpap sektor perfilman sangat stretegis membangkitkan ekonomi dan indentitas bangsa," ucapnya.

Dheeraj Kalwani berharap pencapaian Makmum 2 dapat memberikan optimisme pada film Indonesia.

"Saya rasa 70% kapasitas bioskop ini sudah bagus banget ya. Bisa bikin film bangkit kembali. Semoga film Indonesia lebih ramai lagi. Industri perfilman dan hiburan bisa meriah dan bangkit lagi," paparnya.

Dheeraj juga berharap film Indonesia bisa turut membangkitkan pariwisata lokal.

"Syutingnya dilakukan di desa wisata, kita bangun jembatan di sana, dan jembatannya masih ada sampai sekarang. Jadi bisa untuk wisata lokasi syuting Makmum 2," paparnya.

"Wah itu ide menarik bisa menciptkan wisata baru. Wisata film horor Makmum 2," kata Sandiaga Uno.