Arus Mudik 2022: H-5 Lebaran, Terjadi Peningkatan Jumlah Kendaraan di Tol Cikampek hingga 89 Persen
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono/FOTO: Rizky Adytia-VOI

Bagikan:

ACEH - Arus mudik 2022, tepatnya lalu lintas di ruas Tol Jakarta--Cikampek, mengalami peningkatan hingga 89 persen pada H-5 Lebaran 2022. Hal tersebut disampaikan oleh Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono, saat meninjau arus mudik di KM 29 Tol Jakarta--Cikampek.

"Tadi paparan dari Dirlantas untuk hari ini saja sudah terjadi peningkatan jumlah kendaraan itu hampir 89 persen meningkat dibandingkan hari kemarin," terang Gatot, dkutip VOI pada Rabu, 27 April.

Dia menjelaskan, dengan peningkatan jumlah kendaraan itu pihaknya akan memaksimalkan skema arus lalu lintas yang telah disiapkan. Beberapa skema itu adalah one way, ganjil-genap, dan contraflow.

"Ini tentunya meningkat terus dan tentu kita harus menyiapkan pengamanan yang optimal," ungkapnya.

Peningkatan Jumlah Kendaraan pada Arus Mudik 2022 H-5

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo, peningkatan jumlah kendaraan juga terjadi di sejumlah ruas tol selama masa mudik. Tercatat, gerbang tol (GT) Cikupa, Kalimata, Cikatama yang mengalami peningkatan.

"Gerbang Tol Kalitama relatif sama 29 ribu tapi dibandingkan normal naik 11,4 persen, Cikupa kemarin 2.000 kendaraan sudah naik 9 persen dibandingkan normal," ungkapnya.

"Peningkatan signifikan itu di gerbang Tol Cikatama itu hari senin 43 ribu kendaraan, hari Selasa 53 ribu naik 25 persen dibandingkan kemarin atau naik 89 persen dibandingkan rata-rata harian normal,” sambung Sambodo.

Jumlah Kendaaraan yang Meninggalkan Jakarta

Diberitakan sebelumnya, sekitar 600 ribu kendaraan terpantau meninggalkan Jakarta selama empat hari terakhir. Perkiraan itu berdasarkan jumlah kendaraan yang melintas di empat gerbang tol (GT).

"Selama hari Jumat, Sabtu, Minggu, dan Senin, selama 4 hari itu hampir 600 ribu (kendaraan, red) meninggalkan Jakarta," ujar Sambodo, Selasa, 26 April.

Keempat GT yang menjadi dasar perhitungan jumlah kendaraan yakni GT Cikampek Utama arah Jawa Tengah, GT Kalihurip Utama arah Bandung, GT Ciawi, dan GT Cikupa arah Merak.