Kucing Mengingat Nama Pemilik, tapi Berapa Lama?
Ilustrasi seberapa kuat ingatan dan bisakah kucing mengingat pemiliknya (Unsplash/Michael Sum)

Bagikan:

ACEH - Studi yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa kucing tidak hanya bisa mengingat nama yang diberikan kepadanya. Kucing juga bisa mengingat nama kucing-kucing lain dan nama keluarga manusia berdasarkan beberapa hal, misalnya waktu bersama, berapa banyak manusia, dan hewan apa saja yang tinggal bersama si kucing. Lalu, apakah kucing mengingat nama pemilik hingga waktu lama?

Studi di Universitas Kyoto, dilansir Plant Based News, mencari tahu apakah kucing tahu nama keluarga mereka sendiri. Peneliti melakukan penelitian dengan menunjukkan foto 48 kucing yang merupakan hewan peliharaan atau tinggal di kafe kucing kepada kucing lain yang familiar.

Pada waktu yang sama peneliti mengucapkan nama asli atau nama palsu kucing yang ada di foto. Setelah itu, para peneliti menunjukkan kelompok baru yang terdiri atas 26 gambar kucing dari manusia yang mereka tinggali.

Kucing Mengingat Nama Kucing Lain dan Nama Manusia

Kedua bagian percobaan tersebut menunjukkan bahwa kucing tahu nama-nama kucing lain dan nama manusia. Ketika nama palsu diucapkan kepada kucing, kucing akan menatap gambar yang disodorkan dengan lebih lama. Menurut para peneliti, hal tersebut menunjukkan sikap kebingungan. Untuk sesama kucing, tatapan tersebut lebih lama.

Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan kucing untuk mengingat nama ‘keluarga manusia’ yang tinggal bersama mereka, antara lain lamanya mereka tinggal bersama dan jumlah orang yang tinggal bersama mereka.

Semakin lama kucing tinggal bersama satu keluarga, mereka akan lebih mudah mengingat nama-nama manusia dan kucing dalam keluarga itu. Tetapi peneliti juga menemukan bahwa semakin banyak orang dalam keluarga, semakin mudah bagi kucing untuk mengingat nama.

Tetapi para peneliti juga menemukan bahwa semakin banyak orang dalam keluarga, semakin mudah bagi kucing untuk mengingat nama. Mereka berspekulasi bahwa ini mungkin karena dalam keluarga besar, mereka memiliki lebih banyak kesempatan mendengar nama-nama dipanggil.

Kemampuan Kucing Mengingat Nama Pemilik

Lantas berapa lama kucing mengingat nama pemiliknya? Menurut penelitian ilmiah, kucing memiliki memori jangka pendek rata-rata 16 jam yang disebut dengan memori episodik. Ini berarti bahwa kucing kemungkinan akan mengingat Anda 16 jam setelah bertemu pertama kali.

Dikutip VOI dari Hyaenidae, Gilbert, peneliti kehidupan liar, berpendapat bahwa ingatan kucing pada pemiliknya tergantung berapa usia si kucing pertama tinggal bersama si pemilik. Anak kucing tidak akan mengingat Anda setelah 4 tahun. Tetapi kucing usia 2 tahun akan ingatannya akan pemiliknya akan lebih lekat.

Memori jangka panjang kucing 200 kali lebih kuat daripada anjing. Studi menunjukkan bahwa kucing bisa mengingat selama 10 tahun tetapi sangat selektif. Pendeknya, mereka akan mengingat sesuatu yang menguntungkan bagi mereka. Kucing akan mengingat pemiliknya, yang memberi makan dan merawatnya. Selain itu, mereka juga akan betul-betul mengingat orang yang mengganggu mereka.