Sandiaga Uno Yakin 2 Juta Lapangan Kerja Tercipta dari Gernas BBI
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengungkapkan keyakinannya bahwa Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bisa menghadirkan 2 juta lapangan kerja baru. Menurutnya, 90 persen 2 juta lapangan kerja itu berasal dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kami percaya Gernas BBI akan menciptakan 2 juta lapangan kerja baru. Dari target 2 juta lapangan kerja baru, itu 90 persen lebih itu dari UMKM, jadi dari business matching ini harus kita fokuskan agar UMKM ini mendapatkan digitalisasi serta pelatihan dan pendampingan," terang Sandiaga Uno dalam acara Showcase dan Business Matching Tahap Kedua Belanja Barang/Jasa Pemerintah untuk Produk Dalam Negeri, Senin, 25 April, dikutip VOI.

Lapangan Kerja Baru Terkait Pemanfaatan Produk Dalam Negeri

Sandiaga menjelaskan, Gernas BBI membuka kesempatan bagi para UMKM, koperasi, dan pelaku usaha untuk mengambil peluang usaha. Dia mengatakan, hal itu karena aksi afirmasi tersebut benar-benar berpihak kepada pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri.

"Lapangan kerja ini diharapkan adalah lapangan kerja yang berkualitas karena peningkatan nilai tambah jumlah peluang usaha yang hadir dan peluang ekonomi usaha harus matching," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga mengatakan bahwa atas arahan Presiden Jokowi sejak diluncurkan pada 14 Mei 2020 hingga Februari 2022 Gernas BBI telah mencapai 57 persen dari target 30 juta UMKM yang onboarding pada marketplace di akhir tahun 2023.

Upaya Membangkitkan Ekonomi Nasional

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan jika semua pihak bersama-sama menjalankan aksi afirmasi belanja barang/jasa untuk produk dalam negeri maka akan turut membangkitkan ekonomi.

"Akan membangkitkan ekonomi, menambah pertumbuhan ekonomi sampai 1,7 sampai 2 persen," ucapnya.

Sekadar informasi, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memerintahkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) agar bisa menampilkan 1 juta produk UMKM di e-katalog LKPP pada 2022.

Artikel ini telah tayang dengan judul Gernas BBI Bisa Buka 2 Juta Lapangan Kerja Baru, Menparekraf Sandiaga: 90 Persen dari UMKM.   Selain lapangan kerja, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.