BKSAP Akan Mengunjungi Palestina Mei Nanti Terkait Kerja Sama
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR, Fadli Zon (Foto via Antara)

Bagikan:

ACEH - Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR akan melakukan kunjungan ke Palestina pada Mei 2022 untuk memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Palestina. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua BKSAP, Fadli Zon.

Kunjungan tersebut juga terkait pengukuhan komitmen Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina serta mengutuk agresi Israel.

"BKSAP memiliki Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Indonesia dan Palestina, rencananya bulai Mei akan ke Palestina, ada tiga alternatif kunjungan, yaitu ke Jalur Gaza, Ramallah, dan Amman, Yordania yang ada Palestinian Council," terang Fadli di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 21 April dikutip VOI dari Antara.

Kondisi Terkini Palestina

Fadli Zon menjelaskan, penyerangan di Jalur Gaza yang dilakukan belum lama ini oleh Israel membuat situasi keamanan tidak memungkinkan sehingga agak sulit untuk berkunjung ke wilayah tersebut. Oleh sebab itu, lanjut Fadli, kemungkinan besar BKSAP akan berkunjung ke Ramallah atau Amman, Yordania.

"Hubungan Indonesia dengan Palestina adalah hubungan khusus karena dari tiap pemerintahan, kita selalu mendukung kemerdekaan Palestina. Ketua DPR RI juga sudah menyampaikan bahwa parlemen Indonesia sangat berkomitmen mendukung Palestina merdeka," ujarnya.

Fadli Zon mengatakan bahwa Indonesia mengecam dan mengutuk agresi Israel terhadap Palestina, khususnya dalam situasi Ramadan saat ini yang menyerang kompleks Masjidaqsa.

Penyerangan oleh Israel di Masjidilaqsa

Menurut dia, Israel selalu memprovokasi penyerangan, bahkan memukul dan menembak warga Palestina yang mau salat di Masjidilaqsa.

"Mereka malah memberi ruang bagi kelompok ekstremis Yahudi untuk masuk ke Masjidilaqsa. Ini memprovokasi artinya melakukan satu tindakan yang intoleran," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mei Nanti, Sejumlah Politisi Senayan Bakal Terbang ke Palestina.

Selain kunjungan Indonesia ke Palestina, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.