Ucapara Pindah Agama Sukmawati Soekarnoputri Dimulai Hari Ini di Bali
Sukmawati Soekarnoputri (DOK ANTARA)

Bagikan:

ACEH – Hari ini Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri akan mulai menjalani upacara berpindah keyakinan atau agama dari Islam menjadi Hindu. Rangkaian upacara tersebut digelar di kawasan Sukarno Center Heritage yang berlokasi di Bale Agung, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

Jro Made Arsana, Penglingsir Pasek Bale Agung sekaligus penanggung jawab upacara, mengatakan bahwa hari ini Sukmawati akan melaksanakan upacara ruwatan atau penglukatan di pantai.

"Ada acara ruwatan tanggal 25 nanti sore di pantai. Besok baru ada acara seremonial," terang Arsana, Senin, 25 Oktober.

Upacara Pindah Agama Sukmawati Soekarnoputri Berlangsung Dua Hari

Menurut Arsana, upacara atau ritual yang dijalani oleh Sukamawati untuk pindah agama tidak mengundang orang lain. Upacara ini hanya dihadiri oleh keluarga dan digelar secara tertutup.

"Tidak ada (mengundang) orang. Tidak mengundang siapa pun hanya acara keluarga. Iya tertutup," imbuhnya.

Selain itu, Arsana mengatakan, perpindahan keyakinan Sukamawati sudah melalui proses yang panjang. Sukmawati selama ini juga sudah lama mendalami ajaran Hindu.

"Jadi penuturan dari saudaranya atau anak-anaknya dari kelima saudaranya. Ini memang dilihat Sukamawati sudah (memang ingin) ke Hindu. Apalagi dia pernah menikah dengan di Keraton ke Jawen sudah lama, dia sudah mendalami Hindu," ujarnya.

Selain itu, upacara yang digelar di Bali itu bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-70. Prosesi upacara ritual pindah agama Sukmawati Soekarnoputri akan berlangsung selama dua hari hingga 26 Oktober.

"Sekarang momentumnya, bertepatan dengan hari ulang tahun dia pada tanggal 27 Oktober yang ke 70. Jadi, kami di Balai Agung dimintakan bantuan untuk upacara ini. Kami sudah siap," ujar Arsana. 

Artikel ini telah tayang dengan judul Prosesi Ritual Pindah Agama Sukmawati Soekarnoputri Dimulai Hari Ini dengan Ruwatan di Pantai.

Selain ritual pindah agama Sukmawati Soekarnoputri, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!