Senegal Usung Misi Jadi Negara Afrika Pertama Juara Piala Dunia di Qatar
Timnas Senegal (Instagram @kkoulibaly26)

Bagikan:

JAKARTA — Kapten tim nasional Senegal Kalidou Koulibaly mengungkapkan negaranya memiliki tujuan menjadi negara pertama dari Afrika yang menjuarai Piala Dunia.

Dalam sejarah kompetisi paling bergengsi itu, belum ada negara dari Afrika yang berhasil melewati perempat final. Kamerun (1990), Senegal (2002) dan yang terbaru Ghana (2010), semuanya tersingkir di delapan besar.

"Negara-negara Afrika kurang percaya diri dan kesadaran bahwa mereka benar-benar dapat memenangkan Piala Dunia," kata pemain berusia 31 tahun itu kepada BBC Sport Africa.

"Saya pikir sudah waktunya salah satu negara Afrika memenangkan Piala Dunia, karena kami adalah benua yang sangat berbakat. Kami memiliki pemain hebat," ia menambahkan.

Piala Dunia tahun ini dimulai pada 20 November mendatang di Qatar. Tuan rumah Qatar akan menghadapi Ekuador di Grup A dan Senegal memulai kampanye mereka, di grup yang sama melawan Belanda di hari berikutnya.

Koulibaly yang bermain reguler di Liga Premier Inggris mengatakan bahwa wakil Afrika perlu berpikir lebih besar daripada hanya mencapai fase knock-out.

"Kami menganggap bahwa melewati babak penyisihan grup adalah hal yang bagus, tetapi kami harus menetapkan tujuan yang lebih tinggi untuk diri kami sendiri," kata dia.

"Saya tidak berpikir bahwa tim Prancis atau tim Inggris senang dengan lolos dari babak grup. Mereka ingin melangkah lebih jauh. Kami harus memiliki pola pikir yang sama. Itulah yang coba saya bawa ke Senegal," imbuh dia.

Senegal datang ke Qatar akhir tahun ini dengan modal yang bagus. Selain diperkuat Koulibaly, tim berjuluk Singa dari Teranga itu juga bakal diperkuat mantan bintang Liverpool, Sadio Mane.