Hindari 5 Kesalahan Memakai Alas Bedak Ini untuk Dapatkan Makeup Sempurna
Ilustrasi penyebab alas bedak menggumpal atau cakey (Unsplash/Shot by Cerqueira)

Bagikan:

Aceh - Salah satu hal yang mengganggu kecantikan terkait makeup adalah alas bedak menggumpal atau cakey. Hal ini akan membuat wajah memiliki garis-garis abstrak, kulit terlihat bertekstur, dan pori-pori wajah juga tampak begitu jelas. Untuk menghindarinya, Anda perlu tahu kesalahan memakai alas bedak. 

Dikutip VOI dari Cosmopolitan, pada dasarnya penyebab cakey bukan terlalu banyaknya makeup. Cakey disebabkan oleh pengaplikasian alas bedak yang terlalu tebal. Selain itu, ada beberapa kesalahan pemakaian alas bedak lain yang perlu Anda ketahui. 

Beberapa Kesalahan Memakai Alas Bedak dalam Makeup

1. Blending belum selesai

Pengaplikasian alas bedak atau blending yang belum selesai akan membuat penampilan kulit wajah tidak good looking. Memakai alas bedak membutuhkan ketelatenan hingga terpakai dan menempel sempurna pada kulit.

Direkomendasikan, gunakan spons aplikator yang basah agar lebih lembut di kulit. Anda juga bisa mengoleskannya berulang-ulang untuk memastikan setiap inci kulit tertutup rata tanpa cakey.

2. Membiarkan kulit kurang hidrasi

Pemberian concealer di bawah mata diniatkan untuk membuat warna riasan merata. Nahasnya, kadang bukannya menempel halus, malah terlihat berkerak dan berkapur. Ketika mengalami ini, yang dibutuhkan kulit adalah hidrasi atau kelembapan.

Triknya, gunakan semprot wajah atau tones yang mengandung pelembap. Ini membantu mengurangi garis-garis halus tampak jelas dan menghaluskan residu bubuk alas bedak dan concealer.

3. Perawatan kulit tidak tepat 

Setiap karakter kulit memerlukan perawatan berbeda-beda, tetapi perlu dilakukan secara tepat. Paling penting adalah membersihkan wajah setelah beraktivitas atau menjelang tidur di malam hari. Lakukan langkah dan urutan skincare dengan tepat agar kulit menerima berbagai jenis riasan dengan baik.

4. Salah menyikapi kulit berminyak

Saat memakai makeup, untuk Anda dengan kulit berminyak urutan yang tepat pertama, pakai pelembap, dilanjutkan bedak tabur, semprotan pengaturan, primer, alas bedak. Cara ini mungkin tak akan bekerja maksimal pada kulit kering. Tetapi untuk kulit berminyak, trik tersebut bisa lebih tahan lama dan bebas cakey.

5. Menumpuk alas bedak

Alas bedak menggumpal di bagian hidung pada kulit berminyak, disebabkan menumpuk alas bedak. Ini membuat tumpukan terlalu tebal dan bikin terlihat rekahan kurang estetis. Maka, tepuk-tepuk lembut bagian hidung yang mengkilap dengan spons basah dulu.

Lanjutkan dengan mengenakan bedak tabur tipis saja. Jangan pakai warna yang tone-nya berbeda ya. Kemudian, aplikasikan sisa alas bedak pada aplikator saja. Hindari menumpuk alas bedak cair karena membuat teksturnya tak rata.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Kesalahan Memakai Alas Bedak yang Bikin Menggumpal.