Penjelasan Rinci Ustaz Yusuf Mansur Soal Boneka Arwah
Ustaz Yusuf Mansyur berpendapat soal boneka arwah. (Foto VOI)

Bagikan:

ACEH - Boneka mirip bayi manusia yang diadopsi oleh Ivan Gunawan viral dan jadi perdebatan publik. Ustaz Yusuf Mansur sempat memberikan penjelasan soal hal teresbut dan bikin heboh, akhirnya dia kembali angkat bicara. Yusuf Mansur memberi penjelasan terkait hal tersebut. 
 
"Tidak benar kalau saya membolehkan boneka arwah seperti yang sempat diberitakan oleh salah satu stasiun televisi. Memelihara boneka arwah itu sesuatu yang dilarang atau diharamkan. Tidak benar kalau saya menyerukan hal itu kalau mau bahagia," kata Yusuf Mansur, dikutip VOI

Penjelasan Yusuf Masyur Soal Boneka

Menurutnya, memiliki boneka untuk penyemangat atau harapan agar kelak mendapatkan anak adalah hal yang wajar.
 
"Kalau sekadar boneka yang digunakan untuk mengafirmasikan dalam hal ini untuk membantu dan menjadi kesenangan itu masih wajar. Atau untuk menjadi penyemangat besok insyaallah akan punya anak beneran. Suatu hari ini akan menggendong anak beneran bukan boneka," katanya.
 
Dia membuat pengibaratan saat seseorang yang ingin punya mobil, kemudian orang tersebut beli mobil-mobilan terlebih dulu.
 
"Jadi sebelum punya mobil beneran beli mobil-mobilan dulu. Ditempatkan di tempat terbaik dan dilap dan sebagainya. Saya kira hal seperti ini masih oke," lanjutnya.

Boneka Arwah Haram untuk Umat Muslim

Dia mengatakan, boneka yang diisi arwah atau boneka arwah termasuk hal yang berlebihan. Namun, dia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah menghakimi.
 
"Apa pun kalau sudah berlebihan akan tidak baik jadinya. Namun untuk konteks ini dicek dulu apa benar boneka yang dipelihara seseorang kalau di muslim atau muslimah benar-benar ada arwahnya. Jangan terlalu gampang menghakimi," katannya.
 
Meski demikian, Yusuf Mansur mengaskan bahwa memelihara boneka yang diisi arwah hukumnya haram bagi umat muslim.
 
"Kalau sudah diisi arwah itu tidak boleh, haram hukumnya," lanjutnya kembali menyarankan untuk mereka yang terobsesi punya anak dia anjurkan untuk mengadopsi anak beneran.
 
"Jadi yang dilakukan benar-benar pada bayi atau anak yang sesungguhnya. Tidak perlu dengan boneka arwah yang katanya diisi arwah itu," tegas Ustaz Yusuf Mansur.
 
 
Selain penjelasan Yusuf Mansur soal boneka arwah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh